Pengaruh pembelajaran dari rumah terhadap kemandirian dalam kengerjakan tugas sehari-hari pada anak usia dini 5-6 Tahun di Tk I Care Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Rahma Kartika (2021) Pengaruh pembelajaran dari rumah terhadap kemandirian dalam kengerjakan tugas sehari-hari pada anak usia dini 5-6 Tahun di Tk I Care Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahma Kartika Sari_D09217021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada anak usia dini 5-6 tahun kelompok B di TK I Care Kota Surabaya. Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan pembelajaran dari rumah adalah TK I Care Surabaya, yang mana selama belajar dari rumah guru tidak hanya memberikan tugas tetapi juga memberikan kegiatan karakter (pembiasaan, sehingga menjadi kebiasaan baik anak dirumah.. Kegiatan positif yang dilakukan anak melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari maka akan membentuk kemandirian. Kegiatan pembelajaran dari rumah ini sangat diperlukan pendampingan orang tua guna untuk melatih kemandirian anak, orangtua membiasakan anak mengerjakan tugas secara mandiri, namun tetap dalam pantuan dan bimbingan orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran dari rumah terhadap kemandirian dalam mengerjakan tugas sehari-hari pada anak usia dini 5-6 tahun di TK I Care Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian melakukan perhitungan, menguji hipotesis, dan menguji teknik korelasi Spearman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu hasil koefisien korelasi sebesar 0,875 yang berarti nilai ini mendekati nilai 1 menandakan korelsi yang terjadi adalah korelasi positif dan tingkat hubungannya sangat kuat. Dan berdasarkan dari taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, atau dapat diartika bahwa ada pengaruh yang signifikansi antara pembelajaran dari rumah terhadap kemandirian dalam mengerjakan tugas sehari-hari pada anak usia dini 5-6 tahun di TK I Care Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Rahma Kartikatikarahma873@gmail.comD09217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pembelajaran dari Rumah; Kemandirian.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rahma Kartika Sari
Date Deposited: 29 Jul 2021 05:12
Last Modified: 29 Jul 2021 05:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48940

Actions (login required)

View Item View Item