Analisis Maqasid Asy-Syari'ah terhadap penetapan permohonan perkara pengangkatan anak bagi pemohon Muslim di Pengadilan Negeri PTI: studi terhadap penetapan No.69/pdt.P/2019/PN.Pti

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'am, Nalia (2021) Analisis Maqasid Asy-Syari'ah terhadap penetapan permohonan perkara pengangkatan anak bagi pemohon Muslim di Pengadilan Negeri PTI: studi terhadap penetapan No.69/pdt.P/2019/PN.Pti. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nalia Ni'am_C91217135.pdf

Download (1MB)

Abstract

Data pada skripsi ini menggunakan teknik kepustakaan yang pengkajiannya lebih banyak mengambil informasi melalui buku, jurnal, atau yang lainnya yang berkaitan dengan kepustakaan dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah pendekatan perundang-undangan yang dilakukan dengan menelaah semua regulasi yang berkaitan erat dengan isu hukum yang ditangani, metode kualitatif dan metode deduktif merupakan teknik analisis data dalam penelitian ini yang kemudian akan dibahas secara terorganisir sehingga menjadi data yang faktual mengenai pertimbangan hukum hakim dalam penetapan pengangkatan anak bagi pemohon muslim yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Pati pada nomor penetapannya No.69/Pdt.P/2019/PN. Pti. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan teori hukum islam, yaitu Maqa>sid Asy-Syari’ah.Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwasannya penetapan perkara pengangkatan anak bagi pemohon islam yang di tetapkan oleh Pengadilan Negeri Pati pada nomor penetapannya No.69/Pdt.P/2019/PN dalam pendapat hukum hakim menggunakan dasar hukum yang tidak kontra posisi dengan ketentuan lain, yakni menggunakan pasal 39 ayat (2) UU No.23 Tahun 2002 Tentang perlindungan anak dan pasal 4 PP No.54 Tahun 2007 Tentang pelaksanaan pengangkatan anak. sehingga hal ini sejajar dengan asas lex superiori derogate lex inferiory (regulasi yang lebih rendah tidak boleh kontradiktif dengan regulasi yang lebih tinggi). Dan dalam dasar hukum yang di gunakan dalam penetapan tersebut juga telah sesuai dengan Maqasid Asy-Syari’ah, yakni kulliyat al-khams menjaga agama (h}ifdh al-din), menjaga jiwa, menjaga akal (h}ifdz al-aql), menjaga keturunan (h}ifdh al-nasal), menjaga harta (h}ifdz al-maal). Sedangkan terkait yurisdiksi pengadilan negeri dalam menerima, mengadili, dan menentapkan perkara pengangkatan anak bagi pemohon muslim yang seharusnya menjadi wilayah yurisdiksi pengadilan agama maka hal ini tidak sesuai dengan kulliyat al-khams khususnya point menjaga agama (hifdh al-din).
Kata Kunci : pengangkatan anak, pemohon muslim, maqa>sid asy-syari>’ah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'am, Nalianalianiam1999@gmail.comC91217135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Holilurelrahman10@gmail.com2002108702
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Perdata Islam
Keywords: Pengangkatan anak; Pemohon muslim: Maqasid asy-syari’ah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nalia Ni'am
Date Deposited: 28 Jul 2021 13:11
Last Modified: 28 Jul 2021 13:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48986

Actions (login required)

View Item View Item