Analisis buku ajar tematik Bupena Jilid 4A untuk kelas IV SD/MI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andayani, Eka Ristanti (2021) Analisis buku ajar tematik Bupena Jilid 4A untuk kelas IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Ristanti Andayani_D97217046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena BSNP sebagai lembaga yang seyogyanya menentukan kelayakan buku ajar belum melaksanakan tugas menganilisis kelayakan buku ajar tematik, khususnya Bupena. Dengan bekal peraturan terbaru tentang buku ajar dan kriteria kelayakan buku ajar menurut BSNP, penelitian ini dilaksanakan dan mengembangkan instrumen dengan dua sumber utama tersebut. Mengingat buku ajar memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembelajaran dan merupakan sumber belajar yang utama. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis kelayakan buku ajar tematik Bupena Jilid 4A untuk Kelas IV SD/MI dari aspek kelayakan materi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, dan kelayakan kegrafikan berdasarkan kriteria BSNP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan library research. Objek penelitian ini adalah buku ajar tematik Bupena Jilid 4A untuk Kelas IV SD/MI. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi yang merupakan metode utama dalam penelitian dengan teknik content analysis.Instrumen penelitian dikembangkan berdasarkan kriteria buku ajar menurut BSNP dan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan Bupena Jilid 4A pada aspek kelayakan materi ialah sebesar 86,30% yaitu dalam kategori sangat layak, kelayakan bahasa sebesar 91,11% yaitu dalam kategori sangat layak, kelayakan penyajian sebesar 73,96% yaitu dalam kategori layak, dan kelayakan kegrafikan sebesar 87,50% yaitu dalam kategori sangat layak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andayani, Eka Ristantiekaristanti5@gmail.comD97217046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Buku > Buku Pelajaran
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Analisis Buku; Kelayakan Materi; Kelayakan Bahasa; Kelayakan Penyajian; Kelayakan Kerafikan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Ristanti Andayani
Date Deposited: 28 Jul 2021 11:57
Last Modified: 28 Jul 2021 11:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49004

Actions (login required)

View Item View Item