Perancangan rumah susun dengan pendekatan Inclusive Design di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amaliah, Firdha (2021) Perancangan rumah susun dengan pendekatan Inclusive Design di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firdha Amaliah_H73217030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kota Surabaya melakukan penanganan rumah tidak layak huni dan penyediaan rumah susun sewa sederhana (rusunawa) bagi MBR yang tidak memiliki kemampuan untuk membeli rumah. Jumlah pemohon rumah susun pada tahun 2019 sebanyak 5000. Namun sampai dengan saat ini permintaan kebutuhan untuk rumah susun semakin meningkat, sehingga masih memerlukan pengembangan dan pengelolaan rumah susun guna mewujudkan pemanfaatan rumah susun yang tepat sasaran. Khususnya bagi MBR yang tidak memiliki kemampuan membeli rumah dengan menyediakan hunian berupa rusunawa. Dalam pembangunan rumah susun, desain bangunan dan penataan lingkungan bangunan dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan penghuninya. Rumah susun merupakan hunian vertikal dan dihuni oleh banyak maka perancangan ini juga harus mempertimbangkan keberagaman penghuninya. Sehingga pada perancangan ini menggunakan pendekatan inclusive design. Tujuan inclusive design pada perancangan rumah susun ini untuk membangun hunian yang layak huni dan user-friendly untuk semua orang tanpa memandang usia atau perubahan seseorang yang mungkin dialami. Sehingga lingkungan rumah susun menjadi tanggap akan kebutuhan dan fleksibel untuk memenuhi kebutuhan para pengguna dan juga bersahabat bagi pengguna. Mewujudkan hunian yang layak huni untuk semua orang, terutama MBR. Selain itu diharapkan terwujudnya lingkungan Inclusive yang tanggap dengan tetap memperhatikan kebutuhan-kebutuhan untuk mengakomodir para penghuni di masa New Normal dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan penghuninya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amaliah, Firdhafirdhamaliah@gmail.comH73217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Masyarakat
Perumahan
Keywords: Rusunawa; Inclusive Design; Penghuni; Hunian.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Firdha Amaliah
Date Deposited: 01 Aug 2021 01:15
Last Modified: 01 Aug 2021 01:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49068

Actions (login required)

View Item View Item