Perancangan apartemen mahasiswa di Kota Surabaya dengan pendekatan semiotika Semantik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sutarto, Naufal Iqbal Athanianto (2021) Perancangan apartemen mahasiswa di Kota Surabaya dengan pendekatan semiotika Semantik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naufal Iqbal Athanianto Sutarto_H73217064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta dengan populasi penduduk yang telah mencapai sekitar 3 juta orang. Perkembangan penduduk di Surabaya dipengaruhi oleh pendatang yang mana salah satunya ialah mahasiswa. Hal tersebut relevan dengan Surabaya yang saat ini menjadi barometer di tingkat perguruan tinggi di wilayah timur Pulau Jawa. Selain itu, adanya mahasiswa juga otomatis menyebabkan pertumbuhan kebutuhan akan hunian yang bersifat sewa bagi para mahasiswa. Hunian sendiri merupakan salah satu bagian dari kebutuhan primer manusia selain sandang dan pangan. Salah satu hunian yang cocok bagi mahasisw ialah apartemen mahasiswa. Hal tersebut karena berbanding lurus dengan adanya pergeseran gaya hidup mahasiswa S1 Surabaya yang cenderung memilih tinggal di apartemen. Selain itu juga karena beragamnyafasilitas yang dimiliki membuat mahasiswa nyaman untuk beristirahat dan belajar di apartemen. Perancangan Apartemen Mahasiswa ini berada di Kota Surabaya tepatnya di Kelurahan Klampis Ngasem. Apartemen ini dikhususkan bagi kalangan muda seperti mahasiswa. Arsitektur Semiotika Semantik merupakan pendekatan yang digunakan dalam perancangan ini. Pendekatan Semiotika Semantik bertujuan untuk menunjukkan fungsi dan makna lain dari bangunan melalui tanda maupun bentuk-bentuk arsitektur yang dihasilkan. Sehingga pada perancangan ini akan menghasilkan bangunan yang mencerminkan karakter dari mahasiswa yang terkandung pada apartemen secara visual. Selain memperhatikan kondisi fisik dan tampilan bentuk, pendekatan semiotika semantik juga memberikan tanda-tanda arsitektur pada fasilitas, pelayanan, unit hunian, maupun interior dari apartemen mahasiswa tersebut yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan mahasiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sutarto, Naufal Iqbal Athaniantonaufaliqbal135@gmail.comH73217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Perumahan
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Kota Surabaya; Hunian; Apartemen Mahasiswa; Semiotika Semantik.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Naufal Iqbal Athanianto Sutarto
Date Deposited: 01 Aug 2021 04:29
Last Modified: 01 Aug 2021 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49071

Actions (login required)

View Item View Item