Keefektifan penerapan Media Whatsapp terhadap hasil belajar IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IV MI Sabilul Ulum Watesnegoro Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Ayu Richa Melati (2021) Keefektifan penerapan Media Whatsapp terhadap hasil belajar IPA pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas IV MI Sabilul Ulum Watesnegoro Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Richa Melati Putri_D07217003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan adanya interaksi secara langsung antara pendidik dengan peserta didik dalam suasana lingkungan belajar telah berubah dengan munculnya virus Covid-19 atau corona virus yang telah mengubah sistem pendidikan dan pembelajaran yang biasa diselenggarakan secara tatap muka di sekolah. Dengan demikian, sekolah memberlakukan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan platform whatsapp sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui keefektifan penerapan media WhatsApp terhadap pembelajaran IPA di masa pandemi Covid-19 di kelas IV MI Sabilul Ulum Watesnegoro Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, desain ex post facto. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi linier sederhana yang memiliki tiga uji prasyarat data: 1) Uji normalitas, 2) Uji linieritas, dan 3) Uji heteroskedastisitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perhitungan dari uji hipotesis regresi linier sederhana memiliki nilai signifikansi (Sig.) < probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). Maka H_0 ditolak dan H_a diterima artinya penerapan media whatsapp efektif terhadap hasil belajar IPA di kelas IV MI Sabilul Ulum Watesnegoro Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Ayu Richa Melatiayurichamp03@gmail.comD07217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJauharoti, Alfinalfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Tes Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Keefektifan; Media Whatsapp; Hasil Belajar; IPA.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ayu Richa Melati Putri
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:09
Last Modified: 02 Aug 2021 14:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49091

Actions (login required)

View Item View Item