Analisis keterampilan metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah IDEAL Problem Solving ditinjau dari tipe kepribadian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pristiwati, Lilin Endah (2021) Analisis keterampilan metakognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah IDEAL Problem Solving ditinjau dari tipe kepribadian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilin Endah Pristiwati_D04216019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan metakognitif meliputi perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Salah satu langkah pemecahan masalah yang dapat digunakan adalah langkah IDEAL Problem Solving yang terdiri dari 5 langkah yaitu I-identify problem, D-define goal, E-explore possible strategies, A-anticipate outcomes and act, dan L-look back and learn. Tipe kepribadian individu yang berbeda-beda menghasilkan keterampilan metakognitif individu dalam memecahkan masalah matematika berbeda-beda pula. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan metakognitif siswa dengan tipe kepribadian melankolis dan koleris dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah IDEAL Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat siswa yang terdiri dari dua siswa dengan tipe kepribadian melankolis dan dua siswa dengan tipe kepribadian koleris dari kelas VIII-A dan VIII-B SMPN 1 Ngronggot. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Data hasil dari tes tertulis dan wawancara tersebut yang kemudian dianalisis lebih dalam mengenai keterampilan metakognitif siswa dengan tipe kepribadian melankolis dan koleris dalam memecahkan masalah matematika. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah IDEAL Problem Solving: (1) Siswa dengan tipe kepribadian melankolis, masih terdapat kekurangan pada keterampilan metakognitif evaluasi (evaluation) saja yaitu belum menggunakan strategi (cara) lain untuk memastikan jawaban. (2) Siswa dengan tipe kepribadian koleris masih terdapat kekurangan pada keterampilan metakognitif ¬perencanaan (planning) yaitu masih kurang pada indikator memahami setiap kata pada permasalahan yang diberikan, pada keterampilan metakognitif pemantauan (monitorig) masih kurang mampu melaksanakan strategi dengan benar, dan pada keterampilan metakognitif evaluasi (evaluation) tidak memenuhi semua indikator.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pristiwati, Lilin Endahlilin2369@gmail.comD04216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id007128007
Subjects: Matematika
Keywords: Keterampilan metakognitif; masalah matematika; IDEAL Problem Solving; tipe kepribadian; melankolis; koleris.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lilin Endah Pristiwati
Date Deposited: 02 Aug 2021 14:32
Last Modified: 02 Aug 2021 14:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49107

Actions (login required)

View Item View Item