Perancangan resort pantai di Kabupaten Sumba timur dengan Pendekatan Arsitektur Regionalisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahriah, Syarifah Awu (2021) Perancangan resort pantai di Kabupaten Sumba timur dengan Pendekatan Arsitektur Regionalisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syarifah Awu Bahriah_H73217066.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Sumba Timur adalah salah satu Kabupaten di Nusa Tenggara Timur. Secara topografi Sumba Timur umumnya berada pada wilayah yang datar (di daerah pesisir), landai bergelombang <100 meter dan perbukitan. Sumba Timur termasuk salah satu daera dengan pertumbuhan pariwisata yang cukup cepat, dibuktikan dengan peningkatan jumlah wisatawan dimulai dari tahun 2016 sebesar ± 4 %. Meningkatnya jumlah wisatawan di Sumba Timur memililiki dampak semakin beragamnya destinasi mulai dari wisata alam, bahari maupun budaya. Bukan hanya keindahan yang ditawarkan tetapi nilai-nilai budaya diharapkan menjadi daya tarik wisata tersendiri. Menanggapi hal tersebut mulai bermunculan usaha dibidang akomodasi sejalan dengan usaha pemerintah dalam meningkatkan pariwisata daera Sumba terutama dalam bidang wisata bahari & budaya. Merespon issu tersebut, kawasan pesisir pantai Sumba Timut dengan jumlah wisatawan terbanyak dianggap perlu untuk dibangun kawasan resort pantai. Resort pantai yang menghadirkan suasa daera setempat dengan menggunakan pendekatan rancangan arsitektur regionalisme dalam perancangan ini diharapkan mampu menjawab issu yang ada, juga ikut serta dalam upaya pelestarian budaya setempat. Dengan diterapkannya unsur material dan pekerja lokal akan menghasilkan desain yang sesuai dengan area pantai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahriah, Syarifah Awuseaky0sumba@gmail.comH73217066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotul_ayun@uinsby.ac.id2004108902
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.com2010038701
Subjects: Arsitektur
Keywords: Sumba timur; Resort; Regionalisme.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Syarifah awu Bahriah
Date Deposited: 05 Aug 2021 23:57
Last Modified: 05 Aug 2021 23:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49111

Actions (login required)

View Item View Item