Perancangan terminal Arjosari Kota Malang dengan pendekatan Arsitektur Inklusif Desain

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulthoni, Dhani Achmad (2021) Perancangan terminal Arjosari Kota Malang dengan pendekatan Arsitektur Inklusif Desain. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhani Achmad Sulthoni_H73217026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Terminal Arjosari sebagai terminal yang bertipe kelas A merupakan terminal yang memiliki trayek perjalanan bis antar kota maupun antar provinsi dan juga sebagai tujuan akhir MPU di Kota Malang. Sempat direnovasi dengan biaya dari pemerintah pusat pada tahun 2011 dan selesai 2017. Namun renovasi yang dilakukan masih dikritik oleh sebagain orang dan dinas terkait. Struktur bangunan terminal yang selesai direnovasi juga sudah mengalami kerusakan dan juga pengaratan. Geografis kota malang yang berada di persimpangan beberapa kota dan juga dengan mobilitas masyarakat kota nya dapat menjadikan dibantu agar meningkat dari perancangan terminal yang baik.ditunjang dengan kota malang yang memiliki suhu rerata 20 derajat celcius juga menjadi pertimbangan akan penggunaan material yang sesuai dan tahan akan suhu yang ada. Perancangan kembali terminal Arjosari juga bertujuan agar menjadikan terminal Arjosari menjadi terminal terminal yang ramah akan semua kalangan masyarakat. Masyarkat juga dapat menikmati fasilitas secara nyaman dana aman tanpa harus melakukan banyak tenaga. Perancangan Terminal Arjosari dengan menggunaakn pendekatan inklusif desain. Dengan tujuh prinsip inklusif desain menjadi acuan utama dalam perancangan untuk menjadikan terminal arjosari terminal penumpang yang ramah akan semua masayarakat dan juga indaha sesuai kaidah desain.Dengan memperhatikan dan mengakomodir semua kebutuhan dan aktivitas pengguna terminal. Adapaun secara makro dibagi menjadi tiga pengguuna terminak arjosari. Pengelola termina, pengguna , supir dan crew bis. Dari pendekatan desain dan mengakomodir kebutuhan aktivitas pengguna terminal arjosari, Hasil yang diperoleh dari pendekatan inklusif desain terhadap perancangan terminal adalah berkaitan dengan fasilitas terminal secara internal ataupun eksternal. Kemudian juga secara zonasi penempatan antar ruang menjadi pertimbangan penting agar dapat memudahkan mobilitas pengguna terminal agar tidak mengeluarkan tenaga yang cukup banyak dan ramah akan masyarakat dengan kebutuhan khusus

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulthoni, Dhani Achmaddhaniachmadsulthoni@gmail.comH73217026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianiarfianisyariah@gmail.com2027028302
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Subjects: Arsitektur
Teknik Sipil
Keywords: Terminal Arjosari; Inklusif Desain; Mobilitas Pengguna; pendeketan antar ruang.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Dhani Achmad Sulthoni
Date Deposited: 04 Aug 2021 14:10
Last Modified: 04 Aug 2021 14:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49142

Actions (login required)

View Item View Item