Perancangan pusat Agrowisata Surabaya dengan Pendekatan Community Based Design di Kelurahan Jeruk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Muhammad Abi Dzar (2021) Perancangan pusat Agrowisata Surabaya dengan Pendekatan Community Based Design di Kelurahan Jeruk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Abi Dzar Fathoni_H73217061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan Negara tropis, sehingga musim yang terdapat di Indonesia berbeda dengan Negara-di belahan dunia. Letak strategis inilah menjadi salah satu faktor penunjang dalam sektor pariwisata di Indonesia. Namun semakin berkembangnya penduduk di Indonesia menjadikan banyak pengalihan fungsi lahan yang semula area persawahan dan perkebunan berubah menjadi bangunan atau pemukiman. Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia terdampak dari berkembangnya penduduk di Indonesia. Hal ini membuat pemerintah Kota Surabaya khawatir lahan persawahan dan beras sebagai makanan utama habis, sehingga Pemkot Surabaya menggalakan tanam makanan pendamping seperti ubi-ubian. Sedangkan hasil forum MUSREMBANG di bidang ekonomi pembangunan dan pengembagan pemanfaatan taman hutan raya yang salah satunya membahas tentang pertanian terpadu. Pertanian terpadu ialah memadukan konsep pertanian, perikanan, dan peternakan untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Kelurahan Jeruk yang terletak di Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya memiliki lahan bekas tanah kas desa (BTKD) yang dimanfaatkan oleh Pemkot Surabaya menjadi Agrowisata dan sebagai contoh pertahanan pangan kota. Kelurahan Jeruk mempunyai potensi berupa lahan pertanian yang subur, potensi kebudayaan, dan UMKM yang sedang berkembang, masyarakat melihat hal ini sebagai peluang pengembangan di sektor wisata di Kelurahan Jeruk. Melalui potensi inilah yang mendasari perancangan pusat agrowisata Surabaya menggunakan pendekatan Community Based Design (CBD). Pendekatan Community Based Design dipilih karena mampu mendorong masyarakat sekitar untuk terlibat langsung dalam perancangan sehingga dalam perencanaan kawasan agrowisata melibatkan masyarakat dalam menemukan kesesuaian output perencanaan dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, Muhammad Abi Dzarabidf436@gmail.comH73217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRatodi, Muhamadmratodi@uinsby.ac.id2004038102
Thesis advisorSuriani, Efaefasuriani@gmail.com197902242014032003
Subjects: Arsitektur
Keywords: Agrowisata; Kelurahan Jeruk; Community Based Design.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: abi dzar
Date Deposited: 07 Aug 2021 00:27
Last Modified: 07 Aug 2021 00:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49165

Actions (login required)

View Item View Item