Perancangan pusat rehabilitasi pasca stroke di Kota Surabaya dengan pendekatan Healing Environment

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdurrachman, Nizar (2021) Perancangan pusat rehabilitasi pasca stroke di Kota Surabaya dengan pendekatan Healing Environment. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nizar Abdurrachman_H73217039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Prevalensi Penyakit Stroke di Indonesia semakin meningkat disetiap tahunnya. Di Provinsi Jawa timur, Kota Surabaya memiliki tingkat prevalensi penyakit stroke yang paling tinggi . Pemerintah Indonesia sudah berusaha dengan membuat sebuah program rehabilitasi stroke akan tetapi tingkat penyembuhannya masih rendah . Dari permasalahan tersebut, diperlukan adanya fasilitas khusus perancangan rehabilitasi pasca stroke. Proses pemulihan pasca stroke didukung adanya pendekatan rancangan yang memungkikan untuk mempercepat pemulihan pasien baik secara fisik maupun psikis. Pendekatan Healing Environment ini menekankan aspek Alam, Panca Indra, dan Psikologis. Aspek tersebut diterapkan pada desain taman dengan menggunakan media taman penyembuhan (Healing Garden). Pada tapak dan bangunan diterapkan menggunakan prinsip Healing Environment seperti Indoor Air, daylight and health, suara, bau, view, life-Energizing Surrounding, ketenangan dan colour. Konsep perancangan pusat rehabilitasi pasca stroke ini menggunakan tagline “Man Jadda Wa Jadda”. ini dimaksudkan untuk berfokus pada terapi pasien dengan menerapkan lingkungan penyembuhan yang maksimal karena unggulan dari pusat rehabilitasi pasca stroke ini adalah kesungguhan dalam merawat pasien dengan fasilitas fisioterapi, hidroterapi, okupasi terapi, terapi wicara, radiologi, farmasi, laboratorium, ICU, rawat inap dan rawat jalan yang didukung dengan pendekatan Healing Environment.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdurrachman, Nizarnizarabdurrahman1@gmail.comH73217039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.com2004108501
Thesis advisorPrianto, Kusnularsprianto@gmail.com2002047903
Subjects: Rehabilitasi
Keywords: Pusat Rehabilitasi Pasca Stroke; Healing Environment; Desain Lingkungan; Prinsip dan Konsep Desain.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Nizar Abdurrachman
Date Deposited: 04 Aug 2021 23:27
Last Modified: 04 Aug 2021 23:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49200

Actions (login required)

View Item View Item