Analisis kelayakan bisnis dalam tinjauan Islam pada usaha ikan asap: studi aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hestirocha, Fiky (2020) Analisis kelayakan bisnis dalam tinjauan Islam pada usaha ikan asap: studi aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial di Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiky Hestirocha_G94216103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dari Staff jajaran Desa Penatarsewu, Badan Usaha Milik Desa Penatarsewu, Pelaku Usaha dan Masyarakat Desa Penatarsewu. Selajutnya data yang diperoleh diolah dengan cara editing, organizing, penemuan hasil dan triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa adanya usaha ikan asap di Desa Penatarsewu berdampak pada aspek ekonomi yaitu peningkatan perekonomian dan penurunan angka pengangguran bagi warga desa Penatasewu. Sedangkan pada aspek lingkungan fisik yaitu pencemaran udara dan limbah dari pengasapan ikan itu sendiri dan berakibat pada kesehatan masyarakat itu sendiri. Adapun aspek sosial yaitu ketidakharmonisan sosial antara warga pengasap dan bukan pengasap. Dalam hal ini ditinjau dari sudut pandang Islam kesesuaian untuk selalu berhubungan baik antar sesama, Islam bukan sekedar menguntungkan satu manusia saja melainkan kepada manusia-manusia lain juga terlibat dalam bisnis baik secara langsung atau tidak langsung, Islam menekankan peran manusia atas lingkungan alam dengan membuatnya bertanggung jawab terhadap lingkungan sekelilingnya, sehingga dapat dikatakan belum memenuhi kriteria kelayakan secara teori maupun tinjauan Islam dan perlu adanya perbaikan. Tidak menutup kemungkinan meskipun usaha sudah berjalan namun Studi Kelayakan Bisnis tentu saja harus diterapkan guna menjadikan prospek yang lebih baik kedepannya. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan Desa Penatarsewu Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo untuk memberikan tindakan dan solusi terhadap perkembangan usaha ikan asap, berupa persediaan lahan khusus untuk operasional pengasap agar tidak bercampur dengan aktivitas rumah tangga, sehingga sesama masyarakat tidak ada yang dirugikan. Dengan hal ini masyarakat bisa beraktivitas tanpa adanya keresahan-keresahan yang dialami dan usaha ikan asap tetap berkembang menjadi usaha yang layak untuk sebarluaskan di berbagai wilayah. Selain itu diharapkan untuk terus memberikan edukasi terkait menjaga lingkungan kepada masyarakat agar lingkungan tetap terjaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hestirocha, Fikyfikyrocha8@gmail.comG94216103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Bisnis
Keywords: Kelayakan bisnis; Ikan Asap; Tinjauan Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fiky Hestirocha
Date Deposited: 06 Aug 2021 11:29
Last Modified: 06 Aug 2021 11:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49299

Actions (login required)

View Item View Item