Tinjauan hukum positif dan hukum pidana islam terhadap penyandang Disabilitas Tunawicara korban Tindak Pidana Pemerkosaan: studi kasus tentang pemerkosaan di Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subaktiar, Ahmad Rizal (2021) Tinjauan hukum positif dan hukum pidana islam terhadap penyandang Disabilitas Tunawicara korban Tindak Pidana Pemerkosaan: studi kasus tentang pemerkosaan di Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Rizal Subaktiar_C93217073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi kepustakaan. Narasumber pada wawancara ini yaitu pegawai Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana kabupaten Bojonegoro. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik deskripstif anlisis dengan pola pikir induktif. Pola pikir induktif ini berangkat dari kasus tentang penyandang disabilitas tunawicara sebagai korban tindak pidana pemerkosaan, kemudian kasus ini ditangani oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana kabupaten Bojonegoro. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwasanya bentuk perlindungan yang diberikan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Bojonegoro terhadap penyandang disabilitas tunawicara korban tindak pidana pemerkosaan kurang maksimal, hal ini dikarenakan pelaku tidak mendapatkan hukuman sama sekali, di sisi lain bentuk perlindungan yang diberikan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Bojonegoro berhenti di tengah jalan, karena ada pihak lain yang ikut campur dalam menangani kasus tindak pidana pemerkosaan ini. Dari pemaparan di atas, terdapat saran yaitu perlu ada ketegasan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana kabupaten Bojonegoro dalam menangani kasus penyandang disabilitas tunawicara sebagai korban tindak pidana pemerkosaan dan ada suatu aturan yang menjelaskan tentang penyandang disabilitas sebagai korban tindak pidana pemerkosaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subaktiar, Ahmad Rizalrizalpunyaemail@gmail.comC93217073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyadi, Imronimrosyad@yahoo.com2010036901
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Penyandang Cacat
Keywords: Korban pemerkosaaan; Tuna wicara; Pemerkosaan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ahmad Rizal Subaktiar
Date Deposited: 06 Aug 2021 11:09
Last Modified: 06 Aug 2021 11:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49300

Actions (login required)

View Item View Item