Analisis kebijakan luar negeri Arab Saudi dalam merespon perang harga minyak terhadap Rusia pada tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lapasa, Amanca Pamalina (2021) Analisis kebijakan luar negeri Arab Saudi dalam merespon perang harga minyak terhadap Rusia pada tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amanca Pamalina Lapasa_I02217003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perumusan kebijakan luar negeri Arab Saudi dalam merespon perang harga minyak terhadap Rusia pada tahun 2020, implementasi kebijakan tersebut serta dampak yang ditimbulkan. Peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian eksplanatif serta menggunakan data yang didapat dari wawancara, studi kepustakaan, dan penelusuran berbasis internet. Penelitian ini menggunakan teori kebijakan luar negeri yang digagas oleh Marijke breuning. Hasil penelitian menunjukkan perumusan kebijakan peningkatan produksi minyak serta pemangkasan harga minyak yang dilakukan Arab Saudi didasarkan atas beberapa alasan, yakni personalitas Pangeran Mohammed bin Salman sebagai Putra Mahkota, pemerintah yang mengendalikan Saudi Aramco, gagalnya kesepakatan OPEC karena penolakan Rusia, peningkatan produksi minyak oleh Rusia pasca gagalnya kesepakatan OPEC serta perekonomian yang terdampak pandemi COVID-19. Implementasi dari kebijakan tersebut adalah Arab Saudi melakukan peningkatan produksi minyak sebesar 13 juta barel per hari serta pemangkasan harga minyak sebesar US$ 6-8 per barel. Sedangkan dampak dari kebijakan tersebut adalah pasokan minyak menjadi berlebih hingga kehabisan tanki penyimpanan minyak, harga minyak merosot tajam, pendapatan Saudi menurun, penggunaan cadangan devisa besar-besaran, terdapat perubahan kebijakan fiskal saat pandemi COVID-19, pengangguran meningkat, hingga hubungan Arab Saudi dengan Rusia yang tidak harmonis saat perang harga minyak terjadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lapasa, Amanca Pamalinapamalina.amanca@gmail.comI02217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Zakyzakyismail@uinsby.ac.id2030128201
Subjects: Negara
Keywords: Arab Saudi; Kebijakan Luar Negeri; OPEC+; Perang Harga Minyak; Rusia.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Amanca Pamalina Lapasa
Date Deposited: 06 Aug 2021 11:27
Last Modified: 06 Aug 2021 11:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49304

Actions (login required)

View Item View Item