اللهجات في القراءات السبع عند قراءة سورة إبراهيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifudin, Bisri Irfan (2021) اللهجات في القراءات السبع عند قراءة سورة إبراهيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bisri Irfan_A01217012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jauh sebelum Islam dating, Bangsa Arab sudah ada sejak jaman dulu dan terdiri dari berbagai macam kabilah. Ketika islam datang dan Al-Quran turun, banyak dari kabilah-kabilah arab yang terkesima dengan keindahan gaya bahasa Al-Quran sehingga Al-Quran dapat menyebar di berbagai kalangan bangsa arab. Karena suku arab berbeda-beda hal ini yang menyebabkan Al-Quran memiliki cara baca yang berbeda-beda dikarenakan dalam suatu riwayat bahwa ada dari beberapa kabilah yang kesulitan untuk menirukan nabi karena perbedaan dialek, objek penelitian ini tentang dialek-dialek Arab yang memiliki pengaruh dalam perbedaan periwayatan cara baca Al-Quran dalam Surat Ibrahim yang diturunkan di kota Makkah dan terdiri 52 ayat. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Perbedaan Tujuh Qiroaat dalam Surat Ibrahim 2) Dialek-dialek yang ada pada Tujuh Qiraat Dengan demikian, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk perbedaan cara baca dan dialek-dialek yang terkadung dalam Surat Ibrahim, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori ilmu lahajat. Peneliti tertarik dalam penelitian ini yakni dialek dalam Al-Quran tepatnya pada surat Ibrahim, karena peneliti memiliki rasa penasaran dengan periwayatan Tujuh Qiraat dan penyebab yang mendasari periwayatan tersebut, bahwa adanya salah satu pendapat Ulama’ yang mengatakan bahwa dialek adalah salah satu penyebab adanya perbedaan tersebut. Perbedaan cara membaca disebabkan karena perbedaan dialek atau riwayat. Adapun Hasil dari penelitian ini Peneiti menemukan banyaknya perbedaan dalam bacaan hamzah, karena banyak kabilah arab kadang memindahkan suara hamzah pada huruf yang mati sebelumnya, misal الأرض menjadi لَارض dan masih ada banyak lagi yang akan dibahas dalam penelitian ini. Maka oleh sebab itu penulis mengambil judul tentang dialek yang berada di dalam Qiroaat Sab’u ketika membaca Surat Ibrohim, penulis menduga adanya perbedaan di dalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifudin, Bisri Irfannd3ng17@gmail.comA01217012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfathin695@gmail.com2014057602
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Al Qur'an
Keywords: Al-Lahajaat; Qiraat Sab’u; Surat Ibrahim.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: bisri irvan
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:08
Last Modified: 15 Aug 2021 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49528

Actions (login required)

View Item View Item