Masjid Namira Lamongan: studi sejarah perkembangan dan fungsi sosial masjid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Hayu Ana (2021) Masjid Namira Lamongan: studi sejarah perkembangan dan fungsi sosial masjid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hayu Ana Sholikhah_A92217110.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah atau historis menurut Kuntowijoyo yang digunakan untuk memaparkan sejarah dan perkembangan Masjid Namira Lamongan, dan pendekatan sosiologi yang digunakan untuk meneropong segi-segi sosial khususnya mengenai fungsi sosial masjid serta pengaruhnya terhadap kehidupan sosial masyarakat. Terdapat dua teori yang digunakan untuk memudahkan penyelesaian skripsi ini, yakni teori Continuity and Change dan teori fungsional. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode sejarah dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: heuristic (pengumpulan data), verifikasi (kritik data), interpretasi (penafsiran data), dan historiografi (penulisan sejarah). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masjid Namira Lamongan didirikan pada 1 Juni 2013/ 22 Rajab 1434 sebagai bentuk rasa syukur pendiri masjid dan juga sebagai masjid transit yang bisa melayani jamaah dan musafir selama 24 jam. Perkembangan dalam Masjid Namira ini diklasifikasikan menjadi dua perkembangan, yakni dalam segi bangunan (hissiyah) dan segi fungsi (ijtima’iyah) yang terlihat secara berkala pada tahun 2016. 2) Masjid Namira Lamongan dalam pengoptimalan fungsi masjid dipaparkan menjadi beberapa bidang, diantaranya: bidang keagamaan, bidang dakwah, bidang sosial, bidang ekonomi dan bidang pendidikan. 3) Pengaruh fungsi Masjid Namira Lamongan dari berbagai bidang telah memberikan pemahaman yang baik terhadap persatuan umat, sehingga Masjid Namira menjadi pusat persatuan umat dalam ibadah, dakwah, pendidikan, dan managemen menuju masyarakat yang madani.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Hayu Anahayu.ana01@gmail.comA92217110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwisusanto@gmail.com2021127702
Subjects: Masjid
Sosiologi Islam
Sejarah
Keywords: Masjid; Masjid Namira; Fungsi sosial masjid.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Hayu Ana Sholikhah
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:16
Last Modified: 15 Aug 2021 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49548

Actions (login required)

View Item View Item