Perilaku konsumtif remaja muslim era pandemi di Desa Drancang, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Rijana Maulia (2021) Perilaku konsumtif remaja muslim era pandemi di Desa Drancang, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rijana Maulia Afifah_I73217071.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perilaku konsumtif para remaja muslim di desa semakin hari semakin meningkat. Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri, untuk memulai banyak hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Adanya teknologi sangat membantu para pedagang untuk tetap berjualan online dan memudahkan para remaja membeli produk fashion yang bisa di akses di manapun dan kapapun yang remaja inginkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ditentukan secara purposife, yakni para remaja muslim di Desa Drancang, Menganti, Gresik. Observasi, wawancara dan dokumentasi menjadi teknik pengumpulan data utama. Reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan merupakan langkah-langkah yang ditempuh dalam menganalisis data. Teori kosumsi Jean Baudrillard digunakan untk menganalisis fenomena perilaku konsumtif remaja. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian membuktikan, bahwa: (1) Perilaku konsumtif remaja muslim tetap terjadi walaupun masa pandemi yang bermuasal dari banyaknya diskon juga potongan ongkos kirim membuat para remaja lebih antusias dalam berbelanja; (2) Simulasi pada perilaku konsumtif remaja dibuat untuk mengikuti perkembangan zaman; nilai tanda atau citra sebagai tuntutan di lingkungan agar tetap bisa terlihat menarik; hyper-Reality bagi para remaja muslim ditandai dengan banyaknya online shop di era pandemi dan banyaknya fashion yang bermunculan seiring dengan perkembangan zaman, menjadikan para remaja muslim ingin mencoba banyak hal yang baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Rijana Mauliarijanamaulia26@gmail.comI73217071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisa_umsida67@yahoo.com2004067302
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Sosiologi
Sosiologi
Keywords: Perilaku Konsumtif Remaja Muslim Era Pandemi di Desa Drancang; Kecamatan Menganti; Kabupaten Gresik.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: rijana maulia afifah
Date Deposited: 15 Aug 2021 11:14
Last Modified: 15 Aug 2021 11:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49560

Actions (login required)

View Item View Item