Pengaruh political connection, sales growth, dan kepemilikan institusional terhadap tax avoidance: studi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Dita Tristianti Sagita (2021) Pengaruh political connection, sales growth, dan kepemilikan institusional terhadap tax avoidance: studi pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Tristianti Sagita Putri_G72217057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif (pendekatan asosiatif) dengan data sekunder berupa financial statement dan annual report dari 55 perusahaan yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019 yang diperoleh dari situs web BEI maupun situs web perusahaan yang menjadi sampel. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang diperoleh sebanyak 33 perusahaan pada tiap periode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 25 yang bertujuan untuk menguji hipotesis, menguji pengaruh political connection, sales growth, dan kepemilikan institusional terhadap tax avoidance secara parsial dan simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel political connection dan sales growth tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance, namun variabel kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan secara simultan variabel political connection, sales growth dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka diharapkan bagi pemerintah agar lebih meningkatkan peraturan perpajakan dengan memperjelas serta memperketat ketentuan pajak terkait grey area guna meminimalisir celah yang dilakukan perusahaan dalam menekan kewajiban pajak yang berakibat pada tidak tercapainya target realisasi penerimaan pajak, diharapkan bagi perusahaan agar tidak menggunakan praktik tax avoidance dalam penekanan pajaknya, karena praktik tersebut dapat mengurangi penerimaan negara, serta dapat membuat reputasi perusahaan kurang baik di mata publik, yang akan berimbas pada kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Dita Tristianti SagitaTristiantidita@gmail.comG72217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselviaekaaristantia@gmail.com2030079304
Subjects: Ekonomi
Bisnis
Pajak dan Perpajakan
Keywords: Political connection; Sales growth; Kepemilikan institusional; dan tax avoidance.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Dita Putri
Date Deposited: 19 Aug 2021 14:40
Last Modified: 19 Aug 2021 14:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49671

Actions (login required)

View Item View Item