Problematika penanaman nilai-nilai akhlak pada anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 1 Tarik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirunnisa, Rahma Diani (2021) Problematika penanaman nilai-nilai akhlak pada anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 1 Tarik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahma Diani Khoirunnisa_D91217066.pdf

Download (1MB)

Abstract

SMP Negeri 1 Tarik merupakan sekolah umum negeri yang menerima anak berkebutuhan khusus/Inklusi yang sebelumnya belum pernah menerima anak berkebutuhan khusus. Tentu saja ada banyak hal yang menjadi problematika dalam menyelenggarakan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 1 Tarik. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk membahas problematika pada anak berkebutuhan khusus. Problematika ini merupakan suatu kendala yang membuat proses penanaman nilai-nilai akhlak pada anak berkebutuhan khusus menjadi kurang, masalah penanaman nilai-nilai akhlak pada anak berkebutuhan khusus yang harus dipecahkan. Sehingga fokus dalam penelitian ini adalah problematika penanaman nilai-nilai akhlak pada anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 1 Tarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Pengumpulan data penelitian ini melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti yaitu sebagai berikut: (1) Penanaman nilai-nilai akhlak pada anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 1 tarik di lakukan dengan adanya kerjasama bersama bapak ibu guru di sekolah dan orang tua dirumah dengan menggunakan metode pembiasaan. (2) Problematika yang dihadapi sekolah dalam penanaman nilai-nilai akhlak pada anak berkebutuhan khusus adalah anak tidak dapat mengerti dengan baik materi pembelajaran yang diajarkan sehingga dapat dianilisis bahwa, Pertama anak memiliki kesulitan dalam menerima pembelajaran yang sesuai dengan tinngktan kelasnya. Kedua kurangnya kesiapan guru dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus di kelas reguler. Kurangnya kesiapan sekolah dalam hal sarana dan prasarana sebagai pendukung pembelajaran anak berkebutuhan khusus (3) Solusi untuk problematika diatas memberikan guru pendamping anak berkebutuhan khusus/ guru inklusi untuk memberikan dampingan saat pembelajaran terutama dalam hal penanaman nila-nilai akhlak pada anak berkebutuhan khusus. Selain itu juga memberikan tempat khusus dengan fasilitas belajar yang mendukung belajar anak berkebutuhan khusus Agar pembelajaran dapat lebih mudah difahami oleh anak berkebutuhan khusus. Kedua memberikan guru khusus anak berkebutuhan khusus untuk memberikan pengajaran yang sesuai dengan anak berkebutuhan khusus. Serta sekolah bekerjasama dengan dinas pendidikan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan untuk menyiapkan bapak/ibu guru agar selalu siap saat menghadapi anak berkebutuhan khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirunnisa, Rahma Dianirahmakhoirunnisa518@gmail.comD91217066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Problematika; Penanaman,nilai-nilai akhlak; Anak berkebutuhan khusus.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Diani Khoirunnisa
Date Deposited: 28 Aug 2021 12:57
Last Modified: 28 Aug 2021 12:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49790

Actions (login required)

View Item View Item