Implementasi six sigma di SD Luqman Al Hakim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofwani, Alifa Rifdatus (2021) Implementasi six sigma di SD Luqman Al Hakim Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alifa Rifdatus Sofwani_D93217086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian yaitu: 1. Mengapa SD Luqman Al Hakim Surabaya mengimplementasikan six sigma. 2. Bagaimana implementasi six sigma di SD Luqman Al Hakim Surabaya. 3. Bagaimana dampak implementasi six sigma pada pengelolaan program pendidikan di SD Luqman Al Hakim Surabaya. Pada kajian pustaka peneliti mendapatkan beberapa hal mengenai six sigma, baik penerapannya secara general maupun spesifik dalam dunia pendidikan. Seperti etimologi dan terminologi six sigma, metode DMAIC (define, measures, analyze, improve, control), serta aturan dalam implementasi six sigma. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi. Ini memudahkan peneliti untuk membuat pertanyaan dalam mewawancarai informan yang diperlukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan berupa (1) Implementasi six sigma didasarkan relevansi dan hasil assesment perihal kecocokan sistem yang akan diterapkan dengan kondisi di sekolah. (2) Implementasi six sigma sendiri di SD Luqman Al Hakim Surabaya berkisar dalam jangka waktu tiga bulan atau enam bulan, dengan penerapan enam langkah prinsip six sigma. (3) Dampak yang dihasilkan dari six sigma berupa resistensi pada penerapan kebijakan dan keputusan menjadi lebih terarah, memberi peringatan dini tentang masalah yang muncul, mengontrol pembiayaan pendidikan menjadi lebih efisien, menjaga kedisiplinan stakeholder pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofwani, Alifa Rifdatusalifarifda@gmail.comD93217086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorMustofa, Aliali_mustofa76@yahoo.co.id2025127601
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Implementasi six sigma; Six sigma; SD Luqman Al Hakim Surabaya.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alifa Rifdatus Sofwani
Date Deposited: 23 Aug 2021 22:40
Last Modified: 23 Aug 2021 22:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49802

Actions (login required)

View Item View Item