Studi komparatif: peranan perempuan dalam bidang politik dan intelektual pada masa Khulafaur Rasyidin dan Dinasti Abbasiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Millah, Shofihatul (2021) Studi komparatif: peranan perempuan dalam bidang politik dan intelektual pada masa Khulafaur Rasyidin dan Dinasti Abbasiyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofihatul Millah_A92217086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan melalui beberapa tahapan yakni Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan historis dan komparatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peran (role theory) Soejono Soekanto dan teori feminisme sosialis. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, pada masa Khulafaur Rasyidin peran perempuan dalam politik cendrung pada keikutsertaannya dalam peperangan untuk membantu kaum pria. Seperti halnya memberi makan dan minum prajurit, mengobati yang teluka, memberi semangat, dan terkadang membantu berperang. Sedang, peran perempuan dalam intelektual terdapat pada perannya dalam meriwayatkan hadits, syair, dan menjaga mushaf al-Quran. Kedua, peran perempuan pada masa Dinasti Abbasiyah di bidang politik terdapat pada keterlibatannya dalam urusan-urusan pemerintahan untuk membantu para khalifah memutuskan suatu kebijakan atau keputusan dalam pemerintahan. Sedang, dalam bidang intelektual peran perempuan terlihat pada perannya dalam periwayatan hadits, kemajuan perempuan dalam syair, kontribusinya dalam bidang tasawuf dan bidang hukum. Ketiga, persamaan peran perempuan dalam bidang politik terletak pada peranan perempuan dalam jalannya pemerintahan, sedang perbedaannya terdapat pada ada dan tidaknya keikutsertaan perempuan dalam medan perang dalam memebantu pria. Untuk persamaan perempuan dalam bidang intelektual terletak pada antusiasme perempuan dalam periwayatan hadits dan kesempatan perempuan dalam pengembangan disiplin ilmu. Sedang, perbedannya terdapat pada banyak dan sedikitnya jumlah perempuan dalam pengembangan disiplin ilmu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Millah, Shofihatulmilashofiha@gmail.comA92217086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Ridwan--2017075901
Subjects: Pemberdayaan > Perempuan
Sejarah
Keywords: Komparatif; Peranan perempuan; Dinasti Abbasiyah; Khulafaur Rasyidin.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Shofihatul Millah
Date Deposited: 23 Aug 2021 22:53
Last Modified: 23 Aug 2021 22:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49812

Actions (login required)

View Item View Item