Pengaruh Psychological Capital, Academic Buoyancy dan Academic Major Satisfaction terhadap Academic Adjustment pada siswa SMA di masa Pandemi Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safriani, Yuniar (2021) Pengaruh Psychological Capital, Academic Buoyancy dan Academic Major Satisfaction terhadap Academic Adjustment pada siswa SMA di masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuniar Safriani_J71217154.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psychological capital, academic buoyancy, dan academic major satisfaction terhadap academic adjustment pada siswa SMA di masa pandemi Covid-19. Academic adjustment merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk menyesuaikan diri dan merespon secara tepat terhadap kondisi pendidikan baru guna mencapai tujuan akademik dan memenuhi tuntutan akademik. Subjek penelitian ini merupakan siswa SMA di Kab. Nganjuk, Jawa Timur. Subjek bejumlah 145 siswa diambil berdasarkan teknik random sampling dari total populasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM). Menggunakan empat skala pengukuran untuk pengumpulan data, yaitu skala psychological capital, academic buoyancy, academic major satisfaction dan academic adjustment. Hasil dari penilitian ini menunjukkan nilai R-Square variabel laten endogen sebesar 0,463 yang berarti variabel psychological capital, academic buoyancy dan academic major satisfaction memiliki pengaruh terhadap variabel academic adjustment sebesar 46,3 %. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari psychological capital, academic buoyancy, dan academic major satisfaction terhadap academic adjustment pada siswa SMA di masa pandemi Covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safriani, Yuniaryuniarsafriani9@gmail.comJ71217154
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid1975@gmail.com2005027501
Subjects: Pendidikan
Keywords: Psychological Capital; Academic Buoyancy; Academic Major Satisfaction; Siswa SMA; Covid-19.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Yuniar Safriani
Date Deposited: 24 Aug 2021 23:10
Last Modified: 24 Aug 2021 23:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49865

Actions (login required)

View Item View Item