Pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap perubahan ekonomi nasabah pemilik UMKM: studi kasus BMT pemberdayaan usaha Mandiri Abadi Desa Berbek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asprila, Febiola Bunga (2021) Pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap perubahan ekonomi nasabah pemilik UMKM: studi kasus BMT pemberdayaan usaha Mandiri Abadi Desa Berbek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febiola Bunga Asprila_G04216026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap perubahan ekonomi nasabahnya melalui empat indikator, yaitu aset usaha, omzet usaha, pendapatan usaha, dan laba usaha. Adapun msaalah yang perlu diidentifikasi pada penelitian ini antara lain BMT PUMA tidak mengetahui bagaimana penggunaan dana mudharabah oleh anggotanya, terjadi ketidaksesuaian antara akad dengan realita, pembayaran angsuran melebihi jangka waktu yang disepakati, terdapat nasabah yang belum melunasi dana pinjaman mudharabah mengajukan pembiayaan lagi, dan produk pembiayaan mudharabah pada BMT PUMA hanya 5% (lebih kecil) peminatnya dibandingkan dengan peminat pembiayaan rahn. Metodologi pada skripsi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada pemilik UMKM nasabah pembiayaan mudharabah pada BMT PUMA dan beberapa pihak BMT PUMA. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan ekonomi UMKM berupa aset usaha mencapai 90%, peningkatan omzet usaha mencapai 233,33%, peningkatan pendapatan usaha mencapai 233,33%, dan peningkatan laba usaha mencapai 150%. Namun masih ditemukan nasabah yang menggunakan sebagian dana pembiayaan untuk membayar hutang, membayar sekolah anak, dan kebutuhan lain. BMT PUMA memberikan kepercayaan penuh kepada nasabah tanpa melakukan dan pengawasan usaha. Nasabah diharapkan lebih amanah dalam menggunakan dana pembiayaan mudharabah bukan digunakan untuk kebutuhan lain. BMT PUMA juga diharapkan lebih tegas dalam mengawasi penggunaan dana pembiayaan mudharabah pada nasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asprila, Febiola Bungafebungas@gmail.comG04216026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id197608022009122002
Subjects: Akuntansi
Bank Koperasi
Koperasi
Keywords: BMT; UMKM; Perubahan Ekonomi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Febiola Bunga Asprila
Date Deposited: 26 Aug 2021 21:04
Last Modified: 26 Aug 2021 21:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49870

Actions (login required)

View Item View Item