Pengembangan bahan ajar kitab al-ghoyah wat-taqrib berbasis digital untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran fiqih kelas XI SMA Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ajizah, Imroatul (2021) Pengembangan bahan ajar kitab al-ghoyah wat-taqrib berbasis digital untuk meningkatkan pemahaman mata pelajaran fiqih kelas XI SMA Khadijah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imroatul Ajizah_F02319052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan bahan ajar kitab al-ghoyah wat-taqrib berbasis digital pada pembelajaran fiqih kelas XI di SMA Khadijah Surabaya serta menghasilkan bahan ajar kitab al-ghoyah wat-taqrib berbasis digital yang efektif dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran fiqih kelas XI di SMA Khadijah Surabaya. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian R&D dan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Penelitian berlokasi di SMA Khadijah Surabaya dengan subyek penelitian untuk uji coba produk sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis item pernyataan, rumus N-gain score, dan analisis data Miles & Huberman. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar kitab fiqih al-ghoyah wat-taqrib berbasis digital dalam bentuk web yang dapat digunakan oleh peserta didik sebagai referensi dalam mempelajari mata pelajaran fiqih. Dalam penelitian pengambangan ini juga menunjukkan bahwa bahan ajar kitab al-ghoyah wat-taqrib berbasis digital efektif meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas XI di SMA Khadijah Surabaya, terbukti dengan nilai nilai rata-rata pre-test sebesar 46 meningkat pada post-test sebesar 88 dengan nilai gain skor sebesar 76,5182 atau 76,5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ajizah, Imroatulimroatul.ajizah1509@gmail.comF02319052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Subjects: Fikih
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Bahan Ajar Interaktif; Kitab Al-Ghoyah wat-Taqrib; Pemahaman Peserta Didik.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ajizah Imroatul
Date Deposited: 06 Sep 2021 23:24
Last Modified: 06 Sep 2021 23:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49902

Actions (login required)

View Item View Item