فعالية تطبيق Launchora في تعليم مهارة الكتابة لطلاب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٢ غرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saifuddin, Habibatun Nabilatus (2021) فعالية تطبيق Launchora في تعليم مهارة الكتابة لطلاب الفصل العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية ٢ غرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Habibatun Nabilatus Saifuddin_D92217023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap peserta didik memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan keterampilan berbahasa yang dimiliki. Ada empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan mendengar, membaca, berbicara, dan menulis. Dari ke empat keterampilan tersebut, keterampilan menulis bisa dikatakan sebagai keterampilan yang paling sulit karena keterampilan menulis membutuhkan banyak pemahaman kebahasaan seperti tata bahasa atau qowa’id, serta kreativitas mengolah kata untuk dijadikan kalimat sempurna. Penelitian ini meneliti tentang efektifitas penggunaan aplikasi Launchora dalam mengajarkan maharah kitabah siswa kelas X MAN 2 Gresik. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui maharah kitabah siswa kelas X MAN 2 Gresik (2) Untuk mengetahui penggunaan aplikasi Launchora dalam mengajarkan maharah kitabah siswa kelas X MAN 2 Gresik (3) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan aplikasi Launchora dalam mengajarkan maharah kitabah siswa kelas X MAN 2 Gresik. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan beberapa instrumen dalam penelitian yang sesuai dengan pembahasan seperti observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Menggunakan rumus paired sample t test untuk menganalisis data dan sampelnya adalah keseluruhan siswa kelas X-MIPA 2 dengan jumlah 36 siswa. Dari penelitian ini kita mengetahui bahwasanya terdapat peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan aplikasi Launchora berdasarkan hasil analisis menggunakan rumus paired sample t test. Hasil T-Hitung (13, 735) > T-Tabel (2,030). Artinya penelitian T-Hitung lebih besar dari T-Tabel dan ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saifuddin, Habibatun Nabilatushabibatunnbl@gmail.comD92217023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, M. Yunus Abuelyunusy@uinsby.ac.id2015026502
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077402
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Efektivitas; Launchora; Maharah Kitabah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Habibatun Nabilatus Saifuddin
Date Deposited: 26 Aug 2021 21:10
Last Modified: 26 Aug 2021 21:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49914

Actions (login required)

View Item View Item