Pengaruh penggunaan media audio visual powtoon terhadap hasil belajar siswa materi konsep keadaan cuaca tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 Kelas III MIM 18 Sumberrejo Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Soviawati, Hesti Dwi (2021) Pengaruh penggunaan media audio visual powtoon terhadap hasil belajar siswa materi konsep keadaan cuaca tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 Kelas III MIM 18 Sumberrejo Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hesti Dwi Soviawati_D97217052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang maksimalnya penyampaian guru dalam materi pelajaran menggunakan media pembelajaran yang menyebabkan siswa cenderung jenuh dan bosan, serta kurangnya antusias dan minat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Tematik karena penyampaian materi pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan monoton. Hal ini sangat mempengaruhi dalam hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran, banyak siswa yang memperoleh hasil belajar dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada pembelajaran Tematik. Oleh karena itu diperlukan penerapan media audio visual powtoon untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi konsep keadaan cuaca tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 pada kelas III MIM 18 Sumberrejo Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual Powtoon terhadap hasil belajar siswa konsep keadaan cuaca Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 kelas III MIM 18 Sumberrejo Bojonegoro. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen kuasi dengan metode posttest-only control group design. Dengan sampel penelitian dari kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 49 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Dari hasil analisis uji hipotesis (Uji Independent Sample T-Test) maka diperoleh t_hitung = 3,977 > t_tabel = 2,011 dan nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0,05 maka hipotesis dalam penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini penggunaan media audio visual powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar siswa materi konsep keadaan cuaca tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 kelas III MIM 18 Sumberrejo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Soviawati, Hesti Dwilevihsty3@gmail.comD97217052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa2014@yahoo.com2006067301
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Media audio visual Powtoon; Konsep keadaan cuaca; Hasil belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hesti Dwi Soviawati
Date Deposited: 27 Aug 2021 23:54
Last Modified: 27 Aug 2021 23:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49957

Actions (login required)

View Item View Item