Pengelolaan dana bantuan sosial UMKM dan Urban Farming pada program Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga (GETAPAK) Muhammadiyah Surabaya: studi analisis Maqasid Ash-Shari’ah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanik, Umi Atia (2021) Pengelolaan dana bantuan sosial UMKM dan Urban Farming pada program Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga (GETAPAK) Muhammadiyah Surabaya: studi analisis Maqasid Ash-Shari’ah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Atia Hanik_F02418161.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-kualitatif. Pengambilan data dengan cara wawancara dan dokumentasi kepada Kepala Geatapak Muhammadiyah Surabaya, Visitor Bantuan Sosial UMKM dan Urban Farming, dan Penerima Dana Bantuan Sosial untuk menggali tentang Bantuan Sosial UMKM dan Urban Farming Pada Program Gerakan Ketahanan Pangan Keluarga (Getapak) Muhammadiyah Surabaya dan bagaimana dalam menganalisis Maqas{id Ash-Shari’ah yaitu kemaslahatan dan perlindungan harta (al-mal). Hasil peneliti yang diperoleh menunjukkan bahwa: pertama, dalam pengelolaan dana bantuan dana terdapat beberapa penyalahgunaan yang dilakukan oleh penerima dana diantaranya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, untuk berobat dan digunakan untuk kegiatan yang tidak semestinya seperti dana untuk Urban Farming namun digunakan untuk UMKM. Kedua, Mas}lah}ah dan Al-Mal bisa didapatkan apabila penerima dana menggunakan dana tersebut secara jujur dan dikelola dengan baik kegiatannya sebagaimana yang sudah di arahkan oleh pihak Getapak Muhammadiyah Surabaya sehingga dana tersebut bisa menghasilkan untuk jangka panjang. Saran dari penelitian ini bagi pihak Getapak Muhammadiyah Surabaya Bagi pihak Getapak Muhammadiyah Surabaya dalam pengelolaan dana diberikan 20-30% dari kesuluruhan dana yang diberikan baik kegiatan UMKM maupun Urban Farming untuk kebutuhan sehari-hari. Bagi para penerima dana bantuan sosial UMKM dan Urban Farming dari Getapak Muhammadiyah Surabaya diharapkan bisa mengelola dana yang diterima sesuai dengan program bantuan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanik, Umi Atiaumiatiahanik01@gmail.comF02418161
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahro, Ahmad--2007065501
Thesis advisorSamsuri, Andriani--2002087603
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Muhammadiyah
Pertanian
Keywords: Pengelolaan Dana Bantuan Sosial; UMKM dan Urban Farming.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Umi Atia Hanik
Date Deposited: 30 Aug 2021 12:41
Last Modified: 30 Aug 2021 12:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49992

Actions (login required)

View Item View Item