العناصر الداخلية في مسرحية الحمار يفكر لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Sarah Savira (2021) العناصر الداخلية في مسرحية الحمار يفكر لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sarah Savira Aulia_A91217136.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Unsur – Unsur Instrinsik Dalam Drama Al Himaaru Yufakkiru Karya Taufik Al-Hakim”, Meliputi: tema atau ide gagasan, penokohan, alur, setting, dan gaya bahasa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja unsur – unsur instrinsik dalam drama Al-Himaaru Yufakkiru karya Taufiq Al-Hakim? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Kualitatif adalah metode ini menginterpretasikan data – data yang sudah ditentukan, kemudian data tersebut dikualifikasikan sesuai permasalahan dalam penelitian ini. Adapun metode yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif. Drama ini menceritakann tentang masalah sosial dan politik di Masyarakat Mesir. Hasil penelitian ini untuk mengetahui bagaimana analisis unsur – unsur instrinsik yang terdapat dalam drama Al Himaaru Yufakkiru karya Taufiq Al-hakim meliputi: (1) Tema, (2) Tokoh dan penokohan, (3) Alur atau plot, (4) Setting atau latar, (5) Gaya bahasa. Kesimpulan dari hasil penelitian drama Al Himaaru Yufakkiru karya Taufiq Al-hakim meliputi: (1) Tema: drama yang menceritakan tentang keledai yang memberikan pemikirannya tentang perubahan akhir novel Alfu Lailah wa lailah dan novel tersebut menceritakan tentang seorang raja yang sangat mencintai istrinya, (2) Tokoh dan penokohan: tokoh utama: keledai dan tokoh pendamping: syahr yar, penulis, syekh, penasehat, pencuri kecil dan pencuri besar. (3) Alur atau plot: Alur drama ini adalah alur maju karena menceritakan dari awal sampai akhir kisahnya secara urut. (4) Setting atau latar: Latar meliputi latar tempat, latar waktu dan latar suasana. (5) Gaya bahasa: gaya bahasa atau uslub melputi, ilmu ma’ani: Kalam Khobari, Kalam Insya’i, Al washl, dan ithnab. Ilmu bayan: tasybih. dan lain-lain. Bahasa yang digunakan dalam naskah drama Al Himaaru Yufakkiru yaitu menggunakan bahasa fushah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Sarah Savirasarahsaviraa@gmail.comA91217136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfathin695@gmail.com2014057602
Subjects: Kesusastraan
Keywords: Unsur-unsur Instrinsik; Teks drama Himaaru Yufakkiru; Taufik Al-Hakim.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sarah Savira Aulia
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:35
Last Modified: 28 Aug 2021 05:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49996

Actions (login required)

View Item View Item