تطوير الوسيلة التعليمية العربية على أساس أندرويد لطلاب الصف الثاني في المستوى الأول بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية كوفغ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Huda, Jumiarni (2021) تطوير الوسيلة التعليمية العربية على أساس أندرويد لطلاب الصف الثاني في المستوى الأول بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية كوفغ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jumiarni Al Huda_F02617201.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hipotesis dari penelitian ini yaitu bahwa pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis android ini dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab siswa kelas II di MTs. Negeri Kota Kupang, selain itu juga dapat mempermudah pembelajaran Bahasa Arab ditengah pandemi Covid 19 bagi siswa kelas 2 di MTs. Negeri Kota Kupang. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembuatan, penggunaan dan efektifitas media pembelajaran Bahasa Arab berbasis Android dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab siswa kelas 2 di MTs. Negeri Kota Kupang. Metode penelitian ini yaitu metode penelitian campuran antara kualitatif dan kuantitatif. Adapun jenis penelitian adalah p enelitian pengembangan atau R&D (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation and Evaluate). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai validitas aplikasi dari ahli materi sebesar 91,6% dan validitas ahli multimedia sebesar 86,6% dan hasil nilai dari angket tanggapan siswa sebesar 79,6% dan nilai tanggapan guru maple sebesar 90%. Selain itu, diperoleh nilai rata-rata Pre Test sebesar 53 dan Post Test sebesar 76, dengan nilai t-test nya sebagai berikut: thitung ˃ ttabel (8,512 ˃2,086), hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai Pre Test dan Post Test siswa. Berdasarkan beberapa hasil perhitungan, menunjukkan bahwa media pembelajaran Bahasa Arab berbasis android ini efektif dan telah berhasil meningkatkan kemampuan Bahasa Arab siswa kelas 2 di MTs. Negeri Kota Kupang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Huda, Jumiarnijumiarni.alhuda@gmail.comF02617201
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasaruddin, Nasaruddinnasaruddin@uinsby.ac.id2009097501
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Media Pembelajaran; Android, Mahaarah al-Lugawiyyah.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Huda Jumiarni Al
Date Deposited: 28 Aug 2021 05:14
Last Modified: 28 Aug 2021 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49997

Actions (login required)

View Item View Item