Pengembangan media pembelajaran berbasis Virtual Classroom melalui Instagram untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran: studi kasus di SMA Negeri 4 Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruroh, Afifatul (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis Virtual Classroom melalui Instagram untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran: studi kasus di SMA Negeri 4 Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifatul Masruroh_F02319034.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh dari pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yakni salah satunya terhadap perkembangan media pembelajaran. Pemanfaatan terhadap perkembangan ini memberikan dampak positif kepada guru untuk menciptakan inovasi sebagai upaya dalam menunjang efektivitas pembelajaran. Terlebih saat ini proses pembelajaran dengan jarak jauh dengan bantuan internet dan mengadakan kelas virtual (virtual classroom) dengan memanfaatkan teknologi dan informasi. Media sosial selain sebagai ruang komunikasi juga menjadi alternatif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian: 1) mendesain pengembangan media pembelajaran berbasis virtual classroom melalui instagram pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) menganalisis kevalidan media pembelajaran berbasis virtual classroom melalui instagram pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) menganalisis efektivitas pengguaan media pembelajaran berbasis virtual classroom melalui instagram pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD) level 4 menurut pandangan Sugiyono. Pada level ini peneliti menciptakan produk pengembangan media untuk kemudian divalidasi, diuji dan disempurnakan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, kuisioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran melalui Instagram untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan metode penelitian pengembangan level 4 oleh Sugiyono. 2) hasil validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktisi menunjukan bahwa produk tergolong dalam kategori valid. 3) efektivitas belajar siswa meningkat dilihat dari nilai gain yang diperoleh dengan skor 0,74 sehingga berdasarkan nilai tersebut maka terjadi peningkatan yang tinggi. Untuk respon siswa terhadap media menunjukkan nilai dengan prosentase 95% dan tergolong dalam kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruroh, Afifatulafifasetiawan27@gmail.comF02319034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusdiyah, Evi Fatimaturevi _fatimatur@yahoo.com2027127301
Thesis advisorSalik, Mohammad--2012126702
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Pembelajaran; Virtual classroom; Media Sosial; Efektivitas.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: afifatul masruroh
Date Deposited: 29 Aug 2021 22:22
Last Modified: 29 Aug 2021 22:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50025

Actions (login required)

View Item View Item