Efektivitas penggunaan media video pembelajaran daring dalam peningkatan hasil belajar siswa pada Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan di Kelas 3 Min 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zunita, Lucki (2021) Efektivitas penggunaan media video pembelajaran daring dalam peningkatan hasil belajar siswa pada Operasi Hitung Penjumlahan Pecahan di Kelas 3 Min 2 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lucki Zunita_D07217015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang rendahnya kemampuan pemahaman siswa kelas 3 MIN 2 Lamongan yang berimbas pada hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran daring saat ini, media pembelajaran sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran, salah satunya dapat menggunakan media video pembelajaran demi tercapainya tujuan pembelajaran dan dapat berpengaruh pada peningkatan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran daring dalam peningkatan hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan pecahan dikelas 3 MIN 2 Lamongan dan adakah efektivitas penggunaan media video pembelajaran daring dalam peningkatan hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan pecahan dikelas 3 MIN 2 Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian sebelum-dan-sesudah (Before-And-After Design). Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media video pembelajaran daring dilaksanakan dengan dua tahap pelaksanaan. Yang pertama ialah tahap persiapan, kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan proses pembelajaran. Adanya efektivitas penggunaan media video pembelajaran daring dalam peningkatan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil test dan angket siswa. Diperoleh hasil nilai signifikasi 0,000. Dikarenakan nilai 0,000< 0,05, maka H1 dapat diterima. Pada angket siswa mayoritas siswa senang dan antusias saat menggunakan media video pembelajaran daring, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya efektivitas penggunaan media video pembelajaran daring dalam peningkatan hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan pecahan dikelas 3 MIN 2 Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zunita, Luckiluckizunita02pgmiuinsa@gmail.comD07217015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlir--2022076802
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Subjects: Matematika
Keywords: Media Video dan Hasil belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lucki Zunita
Date Deposited: 29 Aug 2021 22:45
Last Modified: 29 Aug 2021 22:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50040

Actions (login required)

View Item View Item