Pengembangan e-modul Al-Qur'an Hadis tentang hakikat penciptaan manusia terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas XI di MAN Insan Cendekia Kota Kendari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Husnul (2021) Pengembangan e-modul Al-Qur'an Hadis tentang hakikat penciptaan manusia terhadap peningkatan hasil belajar pada siswa kelas XI di MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husnul Khotimah_F52319334.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan E-Modul sebagai bahan ajar menjadi salah satu kebutuhan, apalagi dimasa teknologi yang semakin maju dan dimasa pandemic dengan pola pembelajaran secara daring, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dimanapun dengan mudah. Rumusan masalah yang akan dijawab pada penelitian ini adalah: prosedur atau langkah mengembangkan e-modul Al-Qur’an Hadis tentang hakikat penciptaan manusia di MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Kelayakan e-modul Al-Qur’an Hadis tentang hakikat penciptaan manusia di MAN Insan Cendekia Kota Kendari. Pengembangan e-modul pembelajaran Al-Qur’an Hadis tentang hakikat penciptaan manusia di MAN Insan Cendekia Kota Kendari dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan empat tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 79 orang. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui pretest, posttest dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah prosedur pengembangan e-modul melalui 4 tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. E-modul pembelajaran Al-Qur’an Hadis ini sangat layak digunakan dengan nilai validasi materi 98,88 dan nilai validasi media 87,86. Penggunaan e-modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan pencapaian nilai KKM 100%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Husnulhusnulbasit@gmail.comF52319334
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatus@yahoo.com2021036901
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Bahan ajar; E-modul; Model 4D.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Husnul Khotimah
Date Deposited: 06 Sep 2021 23:10
Last Modified: 06 Sep 2021 23:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50047

Actions (login required)

View Item View Item