Perlawanan laskar Suro Diro Jaya Diningrat di Gedangan Sidoarjo Jawa Timur 1904-1908: studi gerakan protes Gedangan pada abad 20

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Amin, Abdul Rosyid (2021) Perlawanan laskar Suro Diro Jaya Diningrat di Gedangan Sidoarjo Jawa Timur 1904-1908: studi gerakan protes Gedangan pada abad 20. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Rosyid_A92217048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kajian ini mengungkap dan menjelaskan perlawanan laskar terhadap pabrik gula Sroeni di Gedangan yang dimotori oleh Kiai Kasan Mukmin sebagai tokoh sentral dalam memimpin laskar Suro Diro Jaya Diningrat.Penelitian ini merupakan penelitian sejarah sosial yang menggunakan pendekatan teori gerakan perlawanan James Scott yang menguraikan bagaimana perlawanan itu muncul.Dalam penelitian ini mengunakan teori tantangan dan perlawanan Arnold Toynbee yang menjelaskan momen tantangan dan perlawanan terhadap kekuatan kolonial yang dominan. Adapun metode yang digunakan oleh peneliti dalam penulisan sejarah ini adalah: Heuristik, Kritik, Interpretasi (Penafsiran) dan Historiografi.Dari hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Laskar Suro Diro Jaya Diningrat disebutkan oleh Kyai Kasan Mukmin pada tahun 1945. Ia memimpin perlawanan laskar terhadap pemerintah kolonial Belanda di Gedangan pada tahun 1904 (2) Keadaan masyarakat yang berada dibawah pemerintah kolonial Belanda memaksanya untuk memobilisasi rakyat yang tertindas yang sebagian besar kaum petani, dalam gerakan laskar Suro Diro Jayaningrat dengan melakukan perang Sabil di Gedangan 1904 3) Perlawanan ini berlangsung singkat, akan tetapi berhasil menciptakan kekhawatiran bagi pemerintah kolonial Belanda dan mengguncang kaum minoritas Eropa yang tinggal di wilayah itu. Dan munculnya gerakan anti-industri di sejumlah kawasan di jawa timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Amin, Abdul RosyidAlaminabdulrosyid@gmail.comA92217048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imamnyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Islam > Islam, Pembaharuan
Konflik sosial
Keywords: Laskar Suro Diro Jaya Diningrat; Kyai Kasan Mukmin; Gedangan.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: abdul abdul
Date Deposited: 01 Sep 2021 11:36
Last Modified: 01 Sep 2021 11:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50069

Actions (login required)

View Item View Item