Model pembelajaran kooperatif tipe stad student teams achievement divisions pada mata pelajaran pai untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di SD Islam Al-Akbar Bangsal Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baihaqi, Achnad (2021) Model pembelajaran kooperatif tipe stad student teams achievement divisions pada mata pelajaran pai untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa di SD Islam Al-Akbar Bangsal Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Baihaqi_F12318117.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manusia adalah mahluk sosial yang bergantung kepada orang lain. Dalam kehidupan bermasyarakat keterampilan sosial sangat diperlukan untuk dapat diterima di lingkungannya. Jika tidak, maka ia akan terasing dari lingkungannya. Keterampilan sosial tersebut muncul tidak secara instan tetapi perlu dilatih sejak dini di sekolah yang mana sebagai miniatur kecil sebuah masyarakat. Kegiatan di sekolah yang melatih keterampilan sosial siswa adalah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD khususnya pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah Ingin mendiskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PAI di Kelas V SD Islam Al-Akbar Bangsal Mojokerto dan Ingin mengetahui perkembangan keterampilan sosial siswa kelas V di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan sumber data bersumber dari pihak guru, siswa dan wali siswa. teknik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi via zoom metting, wawancara via seluler dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi PAI di kelas V Sekolah Dasar Islam Al-Akbar mojokerto terdiri dari beberapa langkah, yaitu: Pertama. Persiapan meliputi perencanaan materi dan perencanaan pembentukan kelompok. Kedua. Kegiatan inti meliputi penjelasan tema pelajaran, sub tema, indikator pembelajaran, presentasi kelas dan pembentukan kelompok yang hetrogen. Ketiga. Evaluasi berupa tes tulis dan lisan diformat ke dalam bentuk kuis. Keempat. Pemberian penghargaan atau Reward kepada individu dan kelompok berdasarkan kemampuan. Hasil lain menunjukkan bahwa tipe model STAD memberikan peningkatan terhadap perkembangan sosial siswa yang meliputi empat hal yaitu peningkatan kemampuan komunikasi, peningkatan rasa simpati dan empati, kemampuan mengukur dan mengontrol diri dan sosial, dan kepekaan menjaga perasaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baihaqi, Achnadabaihaqi853@gmail.comF12318117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhotimah, S. Khorriyatulkhotim_psi@yahoo.com2016117701
Thesis advisorNiam, Khoirunkhoirunniam@gmail.com2025077001
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Keterampilan Sosial.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Baihaqi
Date Deposited: 01 Sep 2021 22:46
Last Modified: 01 Sep 2021 22:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50111

Actions (login required)

View Item View Item