Penanaman karakter sopan berbahasa saat berinteraksi dalam pembelajaran di TK Linggarjati dan RA Nurul Huda: studi komparasi dalam Penggunaan Bahasa Jawa Krama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Shinta Nuriyya (2021) Penanaman karakter sopan berbahasa saat berinteraksi dalam pembelajaran di TK Linggarjati dan RA Nurul Huda: studi komparasi dalam Penggunaan Bahasa Jawa Krama. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shinta Nuriyya Rachmawati_D99217050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena keprihatinan akan sopan santun anak yang mulai terkikis oleh zaman dimana anak-anak sekarang sering menggunakan bahasa yang kasar bahkan ngomong dengan orang tua maupun dengan guru menggunakan bahasa ngoko. Dimana hal tersebut sangat tidak sopan megingat TK Linggarjati dan RA Nurul Huda berada dijawa, tepatnya di Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Dimana jawa sangat terkenal akan kesopan santunannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana penanaman karakter sopan yang dilakukan di TK Linggarjati, (2) mengetahui penanaman karakter sopan yang dilakukan di RA Nurul Huda, dan (3) komparasi penanaman karakter sopan dari kedua sekolahan tersebut Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara serta dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya diolah menggunakan iiprogram iicomputer IBM iiSPSS iistatistik v 20 for windows. Hasil dari peneitian ini yaitu penanaman karakter yang diberikan kepada siswa TK Linggarjati melalui tepuk dan lagu, contoh secara langsung, serta memberi tahu anak secara langsung bagaimana mengungkapkan kalimat maupun kata yang tepat untuk digunakan dalam percakapan baik dengan guru, orang tua, maupun dengan teman sebaya. Sedangkan penanaman yang diberikan kepada siswa RA Nurul Huda melalui tepuk dan lagu dan juga melalui pemberian contoh secara langsung. Komparasi penanaman karakter sopan berbahasa antara TK Linggarjati dan juga RA Nurul Huda berdasarkan hasil dari uji beda pada tabel nilai Equalvariances Assumed sebesar 2,103 dan nilai Equalvariances not assumed sebesar 2,159. Dengan perbedaan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan penanaman karakter sopan berbahasa antara TK Linggarjati dan RA Nurul Huda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Shinta Nuriyyachicishita@gmail.comD99217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: TK RA dan pembelajaran karakter sopan; Bahasa Jawa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Shinta Nuriyya Rachmawati
Date Deposited: 02 Sep 2021 01:19
Last Modified: 02 Sep 2021 01:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50118

Actions (login required)

View Item View Item