Internalisasi nilai Islam moderat dalam pembelajaran agama Islam di lembaga pendidikan NU dan Muhammadiyah: studi di SMA Daruttaqwa dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Nur Silva (2021) Internalisasi nilai Islam moderat dalam pembelajaran agama Islam di lembaga pendidikan NU dan Muhammadiyah: studi di SMA Daruttaqwa dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Silva Nabila_F02318101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Internalisasi nilai Islam moderat dalam pembelajaran PAI di lembaga pendidikan di bawah oraganisasi Islam moderat yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama yang memiliki ideologi moderat, diharapkan mampu mengurangi pemahaman dan perilaku siswa yang mengarah pada ekstermisme maupun radikalisme serta memberikan solusi gerakan deradikalisasi di sekolah, sehingga radikalisasi dapat dicegah sedini mungkin agar tidak berkembang hingga ke perguruan tinggi dan meresahkan masyarakat. Penelitian ini ada tiga fokus penelitian, 1) apa saja bentuk nilai Islam Moderat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di di SMA Daruttaqwa dan SMA 01 Muhammadiyah Gresik, 2) Bagaimana proses nilai Islam Moderat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di di SMA Daruttaqwa dan SMA 01 Muhammadiyah Gresik 3) Bagaimana Implikasi internalisasi nilai Islam Moderat dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di di SMA Daruttaqwa dan SMA 01 Muhammadiyah Gresik . Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, WAKA Kurikulum dan siswa Kelas XI dan kelas XII, observasi dilakukan di sekolah masing-masing dan peneliti mengikuti pembelajaran Daring, dan dokumentasi seperti buku Modul, LKS, struktur organisasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) bentuk Nilai Islam Moderat di SMA Daruttaqwa dan SMA Muhammadiyah 1 Gresik adalah: tawassuth, tawazzun, tasammuh, i’tidal, shidiq, syura’, tajrid, tajdid 2) proses internalisasi nilai Islam Moderat di SMA Daruttaqwa dan SMA Muhammadiyah 1 melalui 3 tahap, tahap transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai 3) implikasi tercermin pada sikap sosial, toleran dan moderasi nya. Perbedaannya jika di SMA Daruttaqwa menunjukkan perwujudan ukhuwah islamiyah persaudaraan sesama muslim, ukhuwah basyariyah yaitu sesama manusia, dan ukhuwah wathaniyah yaitu dalam bangsa. Sedangkan di SMA Muhammadiyah 1 memandang Islamsebagai din al Hadarah atau Islam berkemajuan, yang mana agama Islammemuat konsep atau petunjuk dan keyakinan untuk memotivasi manusia agar hidup dalam berkemajuan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Nur Silvanursilvanabila24@gmail.comF02318101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNiam, Khoirunkhoirunniam@uinsby.ac.id2025077001
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibbinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Muhammadiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Nahdlatul Ulama
Keywords: Nilai Islam Moderat; pembelajaran PAI; Lembaga Pendidikan NU dan Muhammadiyah.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Silva Nabila
Date Deposited: 05 Oct 2021 14:02
Last Modified: 05 Oct 2021 14:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50171

Actions (login required)

View Item View Item