Penerapan Sustainable Innovation sebagai strategi pengembangan bisnis resto-karaoke berbasis syariah: studi komparatif di resto generasi muslim Sumenep Madura dan K-Broo true family karaoke syariah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Dina Nur (2021) Penerapan Sustainable Innovation sebagai strategi pengembangan bisnis resto-karaoke berbasis syariah: studi komparatif di resto generasi muslim Sumenep Madura dan K-Broo true family karaoke syariah Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Nur Wulandari_F12417321.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan studi komparatif dengan jenis penelitian kualitatif.. Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sekunder dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa orang yang dijadikan informan adalah owner, manager, supervisor, karyawan dan customer di Resto Generasi Muslim Sumenep Madura dan K-Broo True Family Karaoke Syariah Sidoarjo. Kemudian data tersebut dianalisis dengan teknik analisis data dari Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, konsep karaoke syariah di Resto Generasi Muslim Sumenep Madura telah memenuhi standar karakteristik bisnis syariah dengan menerapkan (1) aqidah islam sebagai prinsip dasar bisnis; (2) halal sebagai status sumber daya bisnis; dan (3) dunia-akhirat sebagai motivasi dan orientasi bisnis. Sementara , K-Broo True Family Karaoke Syariah Sidoarjo belum memenuhi standar bisnis syariah, akan tetapi mengarah kepada konsep syariah. Kedua, penerapan sustainable innovation sebagai strategi bisnis karaoke syariah secara keseluruhan mengambil tiga dari empat dimensi, yaitu incremental, re-design dan sistem inovasi. Ketiga, strategi pengembangan bisnis di Resto Generasi Muslim Sumenep Madura menerapkan strategi inovasi, sementara K-Broo True Family Karaoke Syariah Sidoarjo menerpakan strategi inovasi dan strategi pengembangan produk. Saran terkait penelitian ini ialah: Pertama, hendaknya pihak manajemen menjalin kerjasama yang intens dengan pemerintah khususnya di bidang keparawisataan agar tempat karaoke syariah ini dapat lebih tereksplore dan dikenal oleh parawisatawan dengan konsep karaoke syariah. Kedua, pihak manajemen harus mempunyai visi dan misi yang jelas, serta strategi-strategi pemasaran yang lebih jelas dan terarah agar bisnis ini semakin baik, berlanjut, bahkan berkembang dengan konsep karaoke berbasis syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Dina Nurdinanurwulandari85@gmail.comF12417321
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan@uinsby.ac.id macgumay@gmail.com2021066802
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Wirausaha
Keywords: Sustainable Innovation; Strategi Pengembangan Bisnis; Karaoke Syariah.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dina Nur Wulandari
Date Deposited: 06 Sep 2021 10:55
Last Modified: 06 Sep 2021 10:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50195

Actions (login required)

View Item View Item