Peran guru dalam pengembangan aspek sosial emosional anak usia dini melalui penanaman nilai-nilai agama di RA Cahaya Insani Bohar Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Reginata, Mira Fata (2021) Peran guru dalam pengembangan aspek sosial emosional anak usia dini melalui penanaman nilai-nilai agama di RA Cahaya Insani Bohar Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mira Fata Reginata_D99217042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul proses selanjutnya adalah proses analisis data dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pendidik dalam mengembangkan aspek sosial anak di RA Cahaya Insani Bohar Taman Sidoarjo yaitu melalui guru sebagai stimulator dan fasilitator bagi anak dalam melakukan kegiatan disekolah seperti mengajak anak untuk belajar kelompok. Dan bentuk pengembangan aspek sosial melalui nilai agama yaitu, guru mengajarkan anak tentang menghormati orang yang lebih tua, senang berbagi dan menunggu giliran saat melakukan kegiatan disekolah. Oleh karena itu kita suharusnya dapat mengupayakan agar anak didik kita nantinya tumbuh dan berkembang secara optimal. Sehingga mereka kelak akan mampu mewujudkan apa yang diinginkan. Maka dari itu peran guru ataupun pendidik dalam pengembangan aspek sosial anak melalui penanaman nilai-nilai agama sangatlah penting dengan demikian agar menjadikan dan mencetak siswa-siswi yang berakhlak dan berkompeten dalam segala hal termasuk agama islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Reginata, Mira Fatamirafatta1927@gmail.comD99217042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, ---2022076802
Thesis advisorRatna, Pangastutiratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Pendidikan > Peran Guru
Keywords: Aspek Sosial dan Pengembangan Nilai Agama Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: MIRA FATA REGINATA
Date Deposited: 13 Sep 2021 10:14
Last Modified: 13 Sep 2021 10:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50243

Actions (login required)

View Item View Item