Analisis hukum islam dan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No 1 tahun 2019 tentang perdagangan gula kristal rafinasi terhadap jual beli gula rafinasi di Pasar Jarak Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mumayyizah, Nurul (2021) Analisis hukum islam dan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No 1 tahun 2019 tentang perdagangan gula kristal rafinasi terhadap jual beli gula rafinasi di Pasar Jarak Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Nurul Mumayyizah_C92217102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) di pasar Jarak Surabaya yang beralamat di Kelurahan Putat, RT 08 RW08, Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara (interview) yaitu suatu penggalian data dengan cara memperhatikan, mengamati, mendengar, dan kemudian mencatatnya terhadap peristiwa, keadaan ataupun hal lainnya yang menjadi sumber data. Selanjutnya data yang dikumpulkan disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, yang pertama Bahwasannya kegiatan praktek jual beli gula kristal rafinasi di pasar jarak Surabaya masih dilakukan oleh para pedagang di pasar jarak. Meskipun penjualan gula rafinasi tersebut telah dilarang oleh peraturan. Adanya praktek jual beli gula rafinasi tersebut karena masih ada minat beli masyarakat terhadap gula tersebut. Disisi lain kurangnya pemahaman dari penjual terhadap dilarangnya gula rafinasi tersebut. Kedua, Menurut Hukum Islam, praktek jual beli tersebut diperbolehkan karna memenuhi syarat akan jual beli. Sedangkan dalam pasal 2 dan pasal 3 Peraturan Menteri perdagangan Republik Indonesia No 1 Tahun 2019 tentang perdagangan Gula Kristal Rafinasi menjelaskan bahwa gula kristal rafinasi tidak boleh diperdagangkan di pasar eceran. Dari hasil penelitian ini penulis memberikan saran alangkah baiknya jika penjual lebih memahami bahaya dari gula rafinasipemerintah lebih mensosialisasikan peraturan menteri perdagangan republik Indonesia No 1 Tahun 2019 tentang perdagangan gula kristal rafinasi di masyarakat khususnya di skala kecil seperti pasar- pasar agar tidak terjadi lagi penjualan gula rafinasi secara bebas. Agar masyarakat mengerti akan dampak mengkonsumsi gula rafinasi secara langsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mumayyizah, Nurulnurul.mumayyizah.nm@gmail.comC92217102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafa’ah, Suqiyahuqiefais@gmail.com2027036301
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli; Gula; Gula kristal rafinasi.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Mumayyizah
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:51
Last Modified: 09 Sep 2021 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50260

Actions (login required)

View Item View Item