Unsur-unsur Intrinsik dalam drama “Sirru Syahrazad” karya Ali Ahmad Bakatsir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Yuli Nida Ul (2021) Unsur-unsur Intrinsik dalam drama “Sirru Syahrazad” karya Ali Ahmad Bakatsir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuli Nida Ul Khusna_ A91217086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ali Ahmad Bakatsir adalah seorang sastrawan Arab yang lahir di Indonesia. Ali Ahmad Bakatsir sangat mahir dalam menulis berbagai karya sastra. Salah satu karyanya adalah drama yang berjudul “Sirru Syahrazad”. Drama ini berisi tentang seorang perempuan cerdik bernama Syahrazad yang dinikahi oleh seorang raja bernama Syahrayar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apa saja unsur-unsur intrinsik didalam drama “Sirru Syahrazad” karya Ali Ahmad Bakatsir? Meliputi tema, penokohan, setting dan latar.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dalam menjawab rumusan masalah. Sumberdata yang diambil ialah teks drama itu sendiri. Adapun data dari penelitian ini adalah dialog yang mengindikasi adanya unsur-unsur intrinsik dalam drama. Data diperoleh dengan cara dokumentasi dan penelitian kepustakaan yang terkait teori unsur-unsur intrinsik dalam drama “Sirru Syahrazad” karya Ali Ahmad Bakatsir.Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis unsur-unsur intrinsik dalam drama “Sirru Syahrazad” karya Ahmad Ali Bakatsir. Drama ini bertemakan tentang Keberanian dan kecerdasan seorang perempuan yang mampu menaklukkan hati seorang raja yang kejam dan dzolim terhadap rakyat dan istrinya. Tokoh utama dalam drama ini adalah : Syahrazad dan Raja Syahrayar. Tokoh pembantunya adalah Budzur, Ridwan, Nuruddin, Ummu Syahr, Dinarzad, Ummu Karimah, Orang muda, Orang tua, Budak, bendahara laki-laki, dan bendahara perempuan. Plot dalam drama ini adalah alur maju. Setting tempat dalam drama ini adalah di Istana Raja Syahrayar, setting waktunya adalah malam hari dan esok hari. Gaya bahasa : uslub menggunakan bahasa arab fusha, balaghah : Ilmu Ma’ani : 14 kalam insya’i, 8 kalam khabari, 7 wasl. Ilmu Bayan : 11 tasybih.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, Yuli Nida Ulyulinida52@gmail.comA91217086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Subjects: Adab
Keywords: Unsur-unsur intrinsik; Sirru Syahrazad; Ali Ahmad Bakatsir.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Yuli Khusna
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:22
Last Modified: 10 Sep 2021 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50261

Actions (login required)

View Item View Item