Sejarah dan perkembangan Pencak Silat Gaspi (Gabungan Silat Pemuda Islam) Pondok Pesantren Sunan Drajat di Paciran Lamongan TAHUN 1977-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Warsadila, Dwi Retty (2021) Sejarah dan perkembangan Pencak Silat Gaspi (Gabungan Silat Pemuda Islam) Pondok Pesantren Sunan Drajat di Paciran Lamongan TAHUN 1977-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Retty Warsadila_A92217106.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam hal ini penulis menggunakan metode historis dengan pendekatan Sejarah Diakronis untuk menjelaskan sejarah dan perkembangannya GASPI di Pondok Pesantren Sunan Drajat dengan batasan tahun 1977-2020. Di samping itu penulisan ini menggunakan pendekatan Antropologi dan Sosiologi dengan konsep Lembaga dan Pranata. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) latar belakang berdirinya pencak silat GASPI di Pondok Pesantren Sunan Drajat yakni sebagai sarana dakwah untuk menarik minat pemuda Banjaranyar agar mau belajar agama Islam di Pondok Sunan Drajat dan KH. Abdul Ghofur merupakan tokoh pendiri pencak silat GASPI dan pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran Lamongan. 2). Pada Perkembangannya GASPI menggalami pasang surut yang terbagi pada masa perintisan, masa perkembanganan, masa kemajuan 3) Fungsi-fungsi pencak silat GASPI Pondok Pesantren Sunan Drajat sebagai berikut: (1) Fungsi pencak silat sebagai ilmu bela diri (2) Fungsi Seni dan Hiburan, (3) Fungsi Pendidikan (4). Fungsi Keagamaan dan Sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Warsadila, Dwi Rettyrettywarsadila11@gmail.comA92217106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Lailatul--2013116301
Subjects: Pencak Silat
Sejarah
Keywords: Pencak Silat GASPI; Fungsi Pencak Silat GASPI; Pondok Pesantren Sunan Drajat.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Warsadila Dwi Retty
Date Deposited: 11 Sep 2021 10:13
Last Modified: 11 Sep 2021 10:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50305

Actions (login required)

View Item View Item