Analisis wacana kritis menyingkap citra dan kepentingan di balik visi dan misi prodi akuntansi di universitas islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Kiki Nur Karisma (2021) Analisis wacana kritis menyingkap citra dan kepentingan di balik visi dan misi prodi akuntansi di universitas islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiki Karisma_G02217014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Melalui metode pendekatan analisis wacana kritis Norman Fairclough, penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan citra dan juga kepentingan yang ada di balik visi dan misi prodi akuntansi di Universitas Islam. Hasil analisis dari sebuah diskursus ini berupa adanya temuan yang membongkar nilai-nilai nyata yang ada di dalam sebuah pernyataan visi dan misi prodi akuntansi sendiri. Temuan tersebut berupa representasi dari teks yang ada di web prodi akutansi, yang merepresentasikan adanya nilai-nilai liberalisme, kapitalisme dan juga sekulerisme. Temuan kedua yaitu melalui relasi yang menggambarkan adanya sebuah relasi kuat antara pembuat teks visi dan misi prodi akutansi yang ditemukan di dalam web prodi akutansi dan juga didukung oleh hasil wawancara dengan pembuat teks visi dan misi prodi akutansi. Temuan ketiga yaitu melalui identitas yang diungkap daripada proses penyusunan visi dan misi prodi akutansi. Sehingga, melalui sebuah visi dan misi diharapkan menjadi awal daripada penghapusan nilai-nilai yang tidak sesuai dengan tujuan nilai pendidikan yang seharusnya. Nilai sekulerisme yang jelas hanya mementingkan nilai duniawi daripada nilai ukhrowi/akhirat, bahkan nilai sekulerisme mampu memisahkan tujuan kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Sehingga segala sesuatu hanya diukur lewat kuantitas dan objektivitas. Jika secara perlahan manusia digiring untuk menyaksikan segala sesuatu dengan ukuran kuantitas objektivitas maka hal ini yang akan terus menggiring manusia semakin jauh dari ke-Tuhanan dan kemanusiaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Kiki Nur Karismakarismakiki123@@gmail.comG02217014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbintishofiatul@gmail.com199007292019032022
Subjects: Ekonomi Islam
Masalah sosial
Patologi Sosial
Keywords: Analisis Wacana Kritis; Visi dan Misi prodi Akuntansi di Universitas Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Kiki Nur karisma Hidayati
Date Deposited: 19 Sep 2021 04:14
Last Modified: 19 Sep 2021 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50355

Actions (login required)

View Item View Item