Tinjauan hukum pidana islam terhadap hukuman Kebiri Kimia bagi pelaku Pelecehan dan Kekerasan Pada Anak: studi putusan pengadilan Negeri Mojokerto 69/Pid.sus/2019/PN.Mjk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardhanaputri, Dyah Pramesti (2020) Tinjauan hukum pidana islam terhadap hukuman Kebiri Kimia bagi pelaku Pelecehan dan Kekerasan Pada Anak: studi putusan pengadilan Negeri Mojokerto 69/Pid.sus/2019/PN.Mjk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyah Pramesti Wardhanaputri_C03213017I.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini data yang diperlukan diperoleh dari kajian kepustakaan yaitu berupa Teknik bedah putusan serta kepustakaan. Setelah data terkumpul, data dianalisis bedah dengan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir deduktif yaitu mengemukakakn data yang bersifat umum kemudian ditarik dari yang lebih khusus yaitu dalam putusan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertimbangan hukum hakim pada putusan Nomor 69/Pid.Sus/2019/PN.Mjk dasar hukum yang digunakan Hakim dalam menjatuhkan hukum pidana terhadap terdakwa adalah menjatuhkanpidana penjara selama 12 tahun dan denda Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 (enam) bulan. Serta pidana tambahan berupa pidana kebiri kimia kepada terdakwa. Dalam hal ini, perbuatan tersebut termasuk kategori hukuman Takzir karena tidak ada ketentuan nash mengenai tindakan pidana ini dan untuk penetapan pelaksanaannya diserahkan kepada ulil amri (penguasa) yang berpegang teguh pada prinsip keadilan, persamaan hak dan kewajiban, kesederajatan atau persamaan manusia serta kemaslahatan umum. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka hendaknya bagi semua aparat penegak hukum terutama haki supaya dapat memberikan hukuman yang setimpal dengan perbuatan terdakwa serta dapat membuatnya jera agar tidak terulang kembali kasus yang sama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardhanaputri, Dyah Pramestidyahpramesti16@gmail.comC03213017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusafa'ah, Nurlailatulshafaadesign@yahoo.com2006047901
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Hukuman pidana; Kebiri kimia; Pelaku Pelecehan Dan Kekerasan Pada Anak.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Dyah Pramesti Wardhanaputri
Date Deposited: 24 Sep 2021 13:57
Last Modified: 24 Sep 2021 13:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50442

Actions (login required)

View Item View Item