سياسات التوظيف الإسلامي في تطوير الخدمات المصرفية () دراسة على قطاع الصيرفة الإسلامية بمصرف الجمهورية ليبيا)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azoum, Abu Azoum Ibrahim Ali Abu (2021) سياسات التوظيف الإسلامي في تطوير الخدمات المصرفية () دراسة على قطاع الصيرفة الإسلامية بمصرف الجمهورية ليبيا). PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abu Azoum Ibrahim Ali Abu Azoum_F43318046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membatasi rumusan masalah dengan poin-poin sebagai berikut: Bagaimana metode perekrutan tenaga kerja di sektor perbankan syariah di Bank Jumhouria dan koordinasi lanjutan antara elemen ketenagakerjaan dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) (rekrutmen, seleksi, dan pengangkatan)? Bagaimana fungsi ketenagakerjaan yang telah dibekali pelatihan dapat berkontribusi dalam pengembangan layanan di sektor perbankan syariah Bank Jumhouria? Bagaimana fungsi dan kontribusi ketenagakerjaan dalam menghindari berbagai risiko yang terkait dengan penyediaan layanan di sektor perbankan syariah Bank Jumhouria? Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif lapangan sebagai alternatif yang mendukung tema penelitian sehingga mampu menjawab seluruh rumusan masalah. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan dua instrumen, yaitu wawancara dengan Direktur Bank Jumhouria, khususnya di sektor perbankan syariah di bank tersebut dan instrumen analisa dokumen administrasi Bank Jumhouria. Peneliti menyimpulkan bahwa: Bank Jumhouria menjalankan fungsi ketenagakerjaan melalui tiga tahapan dalam manajemen SDM, yaitu rekrutmen dan persiapan elemen-elemen yang dibutuhkan; selanjutnya, dilakukan seleksi dengan mengikuti tahapan sesuai elemen yang dibutuhkan; kemudian kontrak kerja yang didahului dengan surat keputusan; dan koordinasi penyesuaian antara berbagai elemen dan departemen SDM. Ketenagakerjaan dapat berkontribusi dalam tiga tahap (rekrutmen, seleksi, dan pengangkatan) dengan kegiatan pelatihan pengembangan layanan perbankan di Bank Jumhouria. Namun perannya masih jauh dari harapan, karena terganjal beberapa kekurangan dalam peran pelatihan dan kaitannya dengan kualifikasi para karyawan baru, terlepas dari apa yang telah dilakukan bank tersebut. Bank Jumhouria menghadapi beberapa kendala yang mempengaruhi ketenagakerjaan SDM. Lemahnya teknologi dan komunikasi; rendahnya tingkat kesadaran dan budaya masyarakat; kurangnya peningkatan SDM fungsional; serta tidak adanya staf tenaga kerja yang membantu bank merupakan kendala yang tengah dihadapi Bank Jumhouria. Di sektor perbankan syariah secara terbatas menghadapi beberapa risiko terkait penyediaan produk Islam. Risiko dan kendala ini dapat dihindari dengan mempekerjakan orang yang tepat di tempat yang tepat; menunjuk Dewan Pengawas Syariah yang kompeten; lebih memperhatikan upaya sosialisasi budaya produk dan layanan perbankan syariah bagi para nasabah; pengembangan infrastruktur komunikasi; serta perlunya perhatian untuk memaksimalkan aktivitas pelatihan kerja.Catatan teoritis: Peneliti menyimpulkan dengan catatan teoritis berikut: sesungguhnya ketenagakerjaan (rekrutmen, seleksi, dan pengangkatan) di Bank Jumhouria masih belum bisa mencapai tujuannya kecuali jika didukung oleh pelatihan untuk tenaga kerja sebelum memulai kontrak kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azoum, Abu Azoum Ibrahim Ali Abuabuazoum1976@gmail.comF43318046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Bank Islam
Keywords: Ketenagakerjaan Islam; Layanan Perbankan; Perbankan Syariah di Bank Jumhouria.
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abu Azoum Ibrahim Ali Abu Azoum
Date Deposited: 26 Sep 2021 09:42
Last Modified: 26 Sep 2021 09:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50471

Actions (login required)

View Item View Item