Pendampingan kelompok ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam mendaur ulang barang bekas melalui bank sampah Mendalan Asri sebagai upaya menciptakan ekonomi kreatif di Kelurahan Banjarmendalan Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hariyani, Anthik (2021) Pendampingan kelompok ibu-ibu Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam mendaur ulang barang bekas melalui bank sampah Mendalan Asri sebagai upaya menciptakan ekonomi kreatif di Kelurahan Banjarmendalan Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anthik Hariyani_B92217053.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendampingan yang dilakukan pada kelompok Ibu-Ibu PKK RT 01 RW 03 dalam menciptakan sebuah ekonomi kreatif. Berfokus pada aset dan potensi yang ada yakni adanya kelompok ibu-ibu PKK dan kelompok bank sampah “Mendalan Asri” dengan tujuan menciptakan kegiatan daur ulang barang bekas. Sehingga keterampilan dan pengetahuan (knowledge) ini dapat memberikan perubahan pada aspek ekonomi serta lingkungan. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode ABCD (Asset Based Community Development) berbasis aset dan pengembangan potensi yang ada di wilayah dampingan. Ada empat tahapan yaitu Discovery, Dream, Design, dan Destiny. Hasil dari pendampingan yang dilakukan yakni adanya perubahan pola pikir kelompok ibu-ibu PKK dalam memandang sampah menjadi sesuatu yang memiliki manfaat. Kegiatan dimulai dari tahap pengadaan edukasi informal, tahap perencanaan program, tahap implementasi program, tahap sosialisasi penjualan produk, hingga tahap evaluasi program. Sehingga dari kegiatan yang telah dilakukan dapat berperan dan berkontribusi dalam pembangunan wilayah Kelurahan Banjarmendalan sebagai bentuk ekonomi kreatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hariyani, Anthikanthikhariyani01@gmail.comB92217053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. Munirahmadkanzi65@gmail.com195903171994031001
Subjects: Ekonomi
Lingkungan Hidup
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Kelompok Ibu-Ibu PKK; Daur Ulang Barang Bekas; Ekonomi Kreatif.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Anthik Hariyani
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:41
Last Modified: 04 Oct 2021 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50542

Actions (login required)

View Item View Item