Implementasi Marketing Mix dalam Bisnis Ritel Nusantara Mart Ngoro Mojokerto perspektif Etika Bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadiah, Avianita Nur (2020) Implementasi Marketing Mix dalam Bisnis Ritel Nusantara Mart Ngoro Mojokerto perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Avianita Nur Fadiah_G04216014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan cara wawancara dan dokumentasi dengan pihak-pihak terkait dalam penelitian yakni pengurus NUsantara Mart, Kepala Toko NUsantara Mart dan Karyawan lainnya. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan cara reduksi data, penyajian data kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Product, indikator desain produk, bentuk warna, bungkus label dan hingga rasa tidak berlaku bagi NU Mart yang merupakan toko retail. Indikator display produk dan perawatan produk merupakan unsur yang paling tepat dan sejalan dengan teori marketing mix. sejalan dengan etika bisnis Islam yang memenuhi indikator kehalalan produk dan kemaslahatan, tidak melakukan penipuan, tidak melakukan penimbunan barang, dan tidak mengurangi takaran produk. 2) Price, strategi harga sejalan marketing mix startegi berikut diantaranya: harga jual produk ditetapkan berbeda untuk setiap produk, sesuai dengan kelengkapan, asesoris dan kegunaan produk yang menyertai. transparasi harga, sebagai startegi menjaga trash dan hubungan baik dengan konsumen. Sejalan dengan etika bisnis Islam diantaranya: prinsip keadilan NU Mart, keuntungan yang wajar, hingga transparansi harga. 3) Place, lokasi NU Mart sejalan dengan strategi marketing berada di lokasi strategis di pusat ekonomi. Memenuhi etika bisnis Islam diantranya: prinsip ketauhidan dengan legalitas tempat usaha, menyediakan sarana ibadah. Prinsip sosial diwujudkan dengan menampung produk yang diproduksi masyarakat sekitar untuk dijual di NUsantara Mart. 4) Promotion: promo harga yang sejalan dengan Sales Promotion dan Public Relation. Pemasangan banner dan digitalisasi pemasaran. Memenuhi syarat etika bisnis Islam yang tergambarkan mengedepankan kejujuran dalam setiap kegiatan promosi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadiah, Avianita Nurnitaavia16@gmail.comG04216014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafaq, Hammishammissyafaq@yahoo.com2016017501
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Keywords: Marketing Mix; Bisnis Ritel; Etika Bisnis Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Avianita Nur Fadiah
Date Deposited: 15 Oct 2021 06:39
Last Modified: 15 Oct 2021 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50646

Actions (login required)

View Item View Item