Pengembangan industri makanan melalui penguatan Halal Value Chain di Desa Wisata Pujon Kidul Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanik, Ummi (2021) Pengembangan industri makanan melalui penguatan Halal Value Chain di Desa Wisata Pujon Kidul Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummi Hanik_G94217126.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia masuk dalam 10 besar negara konsumen terbesar dalam sektor industri halal yakni pariwisata halal dan makanan halal dalam Global Islamic Economy Report 2018-2019. Kementerian Pariwisata menetapkan daerah Malang Raya menjadi tujuan destinasi pariwisata halal. Desa Wisata Pujon Kidul Malang merupakan tempat wisata yang menyajikan keindahan alam dan kuliner. Akan tetapi perlu diketahui rantai nilai halal pada industri makanan yang ada di Desa Wisata Pujon Kidul untuk mengetahui potensi yang dimiliki dapat dikembangkan menjadi destinasi pariwisata halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengembangan industri makanan yang menjadi salah satu rantai nilai halal pada industri pariwisata halal yang berlokasi di Desa Wisata Pujon Kidul Malang.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan berlandaskan fenomenologi untuk menjawab masalah penelitian dengan menguraikan proses pengelolaan dari hulu hingga hilir pada industri makanan di Desa Wisata Pujon Malang melalui data primer dan data sekunder.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa industri makanan di Desa Wisata Pujon Kidul yakni Cafe Sawah dan Pusat Olahan Susu PUKID memiliki rantai nilai halal yang sudah baik yang ditandai dengan proses input bahan baku hingga sampai kepada konsumen menerapkan proses yang halal dan thayyib. Berdasarkan hasil analisis SWOT industri makanan di Desa Wisata Pujon Kidul berada di kuadran 1. Maka strategi yang dapat digunakan dan diterapkan industri makanan pada posisi ini yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang secara maksimal sehingga dapat memperkuat rantai nilai kehalalan dalam pengelolaan makanan. Saran yang bersesuaian dengan hasil penelitian adalah meningkatkan dan menjaga kualitas serta kehalalan produk makanan yang dihasilkan agar nilai kebaikan dan keberkahan yang ada pada makanan dapat dirasakan bagi pemilik industri makanan maupun konsumen. Selain itu, diperlukan juga dukungan dari pemerintah desa untuk membantu mengajukan industri makanan untuk memiliki sertifikasi halal bagi yang belum memiliknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanik, Ummihaninalhani99@gmail.comG94217126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candra--201603311
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Industri Makanan; Pariwisata Halal; Halal Value Chain.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ummi Hanik
Date Deposited: 21 Oct 2021 11:49
Last Modified: 21 Oct 2021 11:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50688

Actions (login required)

View Item View Item