Pesan Dakwah Film Tilik Karya Ravacana Films: analisis isi Klauss Krippendorf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajjriyani, Amira (2021) Pesan Dakwah Film Tilik Karya Ravacana Films: analisis isi Klauss Krippendorf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amira Fajjriyani_B91217063.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah pesan dakwah dalam film Tilik dan pesan dakwah yang paling banyak dipresentasikan film Tilik di youtube Ravacana Films. Penelitian yang dipakai menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis isi Klauss Krippendorf. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini, penulis menggunakan tiga tahap yaitu, analisis pragmatis, analisis isi semantik dan analisis sarana tanda pada film Tilik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pesan dakwah yang paling banyak ditemukan adalah pesan akhlaq. Pesan dakwah yang dihasilkan antara lain gibah, adab bergaul dengan lawan jenis, su’udzon, tabayyun, gratifikasi, fitnah, mematuhi peraturan negara dan memberi bantuan kepada sesama muslim. Penulis berharap dengan ditulisnya skripsi ini dapat memberikan banyak manfaat kepada pembaca serta diharapkan agar peneliti selanjutnya dapat mengkaji penelitian ini dengan metode yang berbeda dan lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajjriyani, AmiraFajjriyaamira@gmail.comB91217063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSunarto, Sunartonarto_as@yahoo.com2026126901
Subjects: Film
Keywords: Pesan Dakwah; Film; Youtube; Analisis Isi.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Amira Fajriyani
Date Deposited: 22 Oct 2021 08:28
Last Modified: 22 Oct 2021 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50702

Actions (login required)

View Item View Item