Strategi pengambilan keputusan kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurrita, Zulli (2021) Strategi pengambilan keputusan kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulli Nurrita_D93217121.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya proses pengambilan keputusan yang dilakukan kepala sekolah sebagai seorang pimpinan yang memiliki pengaruh yang sangat besar pada kelangsungan organisasi di sekolah. Dilihat dari sudut pandang kesuksesan sekolah yang dikenal dengan sekolah efektif yang merujukkepada sejauh mana sekolah mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang sudah ditetapkan. Oleh karenanya, strategi pengambilan keputusan kepala sekolah dilakukan dalam rangka mewujudkan sekolah efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tuban. Dalam hal ini peneliti mengambil objek penelitian Strategi Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah dan Sekolah Efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tuban.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pengambilan keputusan kepala sekolah, mewujudkan sekolah efektif, dan strategi pengambilan keputusan kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tuban. Penelitian ini menggunakan jenispenelitian kualitatif. Data dari penelitian ini di peroleh melalui metode wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Sarana Prasarana/Waka Kesiswaan, Koordinator TU, Guru, Komite Sekolah, Orang Tua, dan Siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi pengambilan keputusan kepala sekolah dilakukan dengan beberapa langkah, diantaranya yaitu mengidentifikasi masalah, mengklasifikasi jenis persoalan, menyiapkan tim, merumuskan alternatif pemecahan masalah, menetapkan dan melaksanakan keputusan alternatif yang dipilih, serta mengevaluasi alternatif, (2) Upaya yang dilakukan oleh SMA Negeri 3 Tuban untuk mencapai sekolah efektif adalah dengan mengacu pada rencana program yang ada, mempersiapkan semua kebutuhan di setiap bidang baik SDM, lingkungan, maupun sarpras, memiliki komunikasi yang baik antar warga sekolah, orang tua dan masyarakat, serta mempertimbangkan disetiap pengambilan keputusan, (3) Dalam mewujudkan sekolah efektif, SMA Negeri 3 Tuban melaksanakan pengambilan keputusan dengan baik. Adapun tahapan yang dilakukan mulai dari perencanaan, pengorgaanisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurrita, Zullizullinurrita@gmail.comD93217121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Pengambilan Keputusan
Keywords: Pengambilan Keputusan; Sekolah Efektif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: zulli nurrita
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:50
Last Modified: 02 Nov 2021 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50867

Actions (login required)

View Item View Item