Dinamika kepentingan Stakeholder Kabupaten Gresik dalam perumusan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Moh Ilham Auliyan (2021) Dinamika kepentingan Stakeholder Kabupaten Gresik dalam perumusan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Ilham Auliyan Putra_I71216068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk menjelaskan: (1) Bagaimana respon Serikat Pekerja/Serikat Buruh Kabupaten Gresik terhadap urgensi Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja; (2) Bagaimana dinamika kepentingan stakeholder Kabupaten Gresik dalam perumusan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini didipih menggunakan teknik purposive sampling didasarkan pada kebutuhan penelitian. Konsep teori yang digunakan adalah perumusan/formulasi kebijakan publik dan gerakan sosial tindakan kolektif (collective action). Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: (1) Respon Serikat Pekrja/Serikat Buruh Kabupaten Gresik terhadap urgensi Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja berupa berbagai aksi penolakan, berbagai cara penolakan terhadap RUU Cipta Kerja dilakukan sebagai respon terhadap penolakan oleh Serikat Pekrja Kabupaten Gresik; (2) Dinamika kepentingan yang ada di Kabupaten Gresik dalam perumusan RUU Cipta Kerja dilakukan dengan caradialog interaktif maupun dengar pendapat (hearing) antar kelompok stakehlder di Kabupaten Gresik. Hingga dapat mencapai kesepakatan diantara para stakeholder, dialog berakhir dengan baik, walupun awalnya harus dilakukan dengan cara aksi demonstrasi, namun upaya serikat pekerja gresik membuahkan hasilkan berupa surat rekomendasi dari Pemerintah Kabupaten Gresik untuk disampaikan aspirasi dari serikat pekerja gresik terhadap RUU Cipta Kerja, surat tekomendasi dari Pemkab Kabupaten Gresik ditujukan kepada DPR RI dan Pemerintah Pusat. Perjuangan serikat pekerja gresik tetap dilakukan sampai menunggu respon pemerintah pusat terhadap tuntutan serikat pekerja terhadap RUU Cipta Kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Moh Ilham Auliyanmoh.ilhamauliyan.p@gmail.comI71216068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYahya, Khoirulkhoirul_yahya09@yahoo.com197202062007101003
Subjects: Kebijakan Publik
Serikat Pekerja
Kepemimpinan
Keywords: Dinamika; Stakeholder; RUU Cipta kerja.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Mohammad Ilham
Date Deposited: 02 Nov 2021 13:23
Last Modified: 02 Nov 2021 13:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/50899

Actions (login required)

View Item View Item